PENGERTIAN LAUT FLORES

By On Friday, March 14th, 2014 Categories : Review

Bagian dari wilayah barat Lautan Pasifik Selatan. Di utara, laut ini berbatasan dengan Pulau Sulawesi dan di selatan dengan Kepulauan Sun­da Kecil (Flores dan Sumbdwa). Luas seluruh permu­kaannya 240.000 kilometer persegi. Ke barat ].
Flores ini berhubungan dengan Selat Makasar  dengan Laut Jawa; dan ke timur dengan Laut Ban­da. Teluk Bone memisahkan laut ini dengan Pantai Sulawesi.
Dasar Laut Flores terbagi atas empat bagian yang berbeda. Bagian barat berupa dataran tinggi dengan kedalaman sekitar 500 meter. Permukaan atas gunung-gunung laut yang menjulang dari tepi wilayah ini umumnya tertutup oleh suatu pulau karang. Dua alur palung laut, yang terdapat di sini, mengarah ke teng­gara menuju Palung Flores, yang terletak di utara Pu­lau Flores. Di sana, laut ini mencapai kedalaman ter­besar, yaitu 5.140 meter. Melebar ke arah utara, ter­dapat dua pegunungan (yang di sebelah barat mun­cul ke permukaan laut sebagai Pulau Selayar), me­ngapit bagian yang lebih dangkal (kedalaman 3.370 meter). Kedua pegunungan itu membentang sampai ke Pulau Sulawesi. Bagian dasar laut yang terakhir adalah bagian sebelah timur. Bagian ini terletak di selatan Teluk Bone, berbatasan dengan Laut Banda.
Dalam musim hujan, arus permukaan Laut Flores cenderung mengarah ke barat daya. Hal sebaliknya terjadi pada musim kemarau.

PENGERTIAN LAUT FLORES | ok-review | 4.5