PENGERTIAN KURVA PENAWARAN

By On Thursday, January 23rd, 2014 Categories : Ekonomi

SUPPLY / PENAWARAN adalah jumlah dari suatu PRODUK (PRODUCT) yang tersedia untuk dijual oleh PERUSAHAAN (FIRMS). Dalam analisis ekonomi, total penawaran dari suatu produk dicerminkan dalam KURVA PENAWARAN (SUPPLY CURVE). Bandingkan dengan DEMAND.
SUPPLY CURVE / KURVA PENAWARAN adalah suatu garis yang memperlihatkan hubungan antara HARGA (PRICE) dari suatu PRODUK (PRODUCI) atau FAKTOR PRODUKSI (FACTOR OF PRODUCTION) , dan kuantitas yang disediakan per periode waktu. “Penawaran” berarti jumlah total dari suatu produk atau faktor yang siap untuk dijual oleh perusahaan atau pemilik faktor pada suatu harga tertentu. Kurva penawaran untuk suatu produk mempunyai kemiringan yang bergerak dari kiri atas ke kanan bawah, yang menunjukkan bahwa pada saat harga meningkat maka akan lebih banyak produk yang ditawarkan (yaitu, pergerakan sepanjang kurva penawaran). Oleh karenanya, jika harga meningkat dari OP] ke OP2, maka kuantitas yang ditawarkan akan meningkat dari OQj ke OQg. memperlihatkan kurva penawaran untuk pasar secara keseluruhan. Kurva ini diturunkan dengan menjumlahkan kurva-kurva penawaran individual dari semua produsen barang tersebut, yang diturunkan dari kurva-kurva biaya produsen. Kebanyakan kurva penawaran mempunyai kemiringan yang bergerak dari kiri atas ke kanan bawah, karena pada saat harga produk naik, maka piodiisen akan melihat hal tersebut lebih menguntungkan perusahaan untuk berproduksi, menggunakan fasilitas-fasilitas produksi yang ada, serta karena setiap peningkatan dalam BIAYA-BIAYA MARGINAL (MARGINAL COSTS) jangka pendek yang diiringi dengan meningkatnya output akan ditutupi oleh harga yang lebih tinggi yang diperoleh.
Kemiringan dari kurva penawaran mencerminkan tingkat reaksi kuantitas yang ditawarkan terhadap perubahan harga produk. Contoh, jika suatu peningkatan yang besar dalam harga menghasilkan hanya suatu peningkatan yang kecil dalam kualitas yang ditawarkan (sebagaimana akan menjadi kasus apabila kurva penawaran mempunyai kemiringan yang curam), maka penawaraan dikatakan inelastis terhadap harga (lihat PRICE ELASTICITY OF SUPPLY) . Kurva penawaran berinteraksi dengan KURVA PERMINTAAN (DEMAND CRUVE) untuk menetapkan HARGA KESEIMBANGAN PASAR (EQUILIBRIUM MARKET PRICE) . Lihat SUPPLY CURVE (SHIFT IN), SUPPLY FUNCTION.
SUPPLY CURVE (SHIFT IN) ATAU KURVA PENAWARAN (PERGESERAN KE DALAM) adalah pergerakan dari satu posisi ke posisi lain (ke kiri atau ke kanan) sebagai suatu hasil dari beberapa perubahan ekonomi, selain HARGA (PRICE). Sebuah kurva penawaran tertentu selalu digambar atas dasar asumsi CETERIS PARIBUS yaitu bahwa semua faktor-faktor lain yang mempengaruhi penawaran (biaya-biaya pada umumnya) dianggap tidak berubah. Jika salah satu dari faktor-faktor tersebut berubah, maka hal tersebut akan mengakibatkan suatu pergeseran dalam kurva penawaran. Contoh, jika biaya produksi menurun, maka kurva penawaran akan bergeser ke kanan sehingga jumlah yang ditawarkan pada harga yang sama lebih besar dibandingkan dengan jumlah yang ditawarkan sebelumnya. Lihat juga SUPPLY FUNCTION.

PENGERTIAN KURVA PENAWARAN | ok-review | 4.5