PENGERTIAN KURVA HASIL

By On Friday, January 24th, 2014 Categories : Ekonomi

YIELD / HASIL adalah pengembalian dalam suatu SURAT BERHARGA KEUANGAN {FINANCIAL SECURITY), yang dinyatakan dalam uang dan dihubungkan dengan harga pasar sekarang surat berharga tersebut, untuk memperlihatkan persen-tase pengembalian pada investasi yang bersangkutan.
Contoh, suatu surat berharga keuangan (misalnya, sebuah OBLIGASI (BOND)) dengan nilai nominal £100 dan TINGKAT BUNGA (INTEREST RATI)sebesar 5% menghasilkan suatu pengembalian nominal sebesar £5 per tahun. Jika obligasi tersebut dapat dibeli seharga £50 dalam pasar terbuka, maka hasilnya adalah 10%, yang mewakili 10% pengembalian pada £50 yang diinven-tasikan. Semakin rendah harga beli dari suatu obligasi atau saham dengan suatu tingkat bunga atau deviden atau laba kupon tertentu maka semakin tinggi hasil yang akan diperoleh, dan sebaliknya. Karena itu, terdapat hubungan yang berlawanan antara harga yang dibayarkan untuk suatu obligasi atau saham dan hasilnya.
Istilah hasil tetap atau hasil sekarang kadang-kadang digunakan untuk menjelaskan perhitungan hasil yang tidak memperhitungkan nilai penebusan dari suatu obligasi. Perhitungan tersebut sesuai untuk SURAT-SURAT BERHARGA KEUANGAN YANG TIDAK DAPAT DITEBUS (IRREDEEMABLE FINANCIAL SECURITIES). Hasil-hasil yang dimasukkan dalam perhitungan bukan saja hanya bunga tahunan yang dapat diterima, tetapi juga setiap keuntungan/kerugian modal pada penebusan obligasi tersebut dimasukkan sebagai hasil penebusan. Apabila harga pasar sekarang dari suatu obligasi berada di bawah harga tertentu penebusannya, maka laba potensial pada penebusan harus dibagi dengan jumlah tahun sampai pada tanggal penebusan obligasi tersebut, dan laba tahunan yang ditambahkan pada hasil tetap pada obligasi tersebut adalah merupakan hasil penebusannya. Apabila harga pasar sekarang dari obligasi tersebut berda di atas harga penebusannya, maka kerugian potensial tahunan pada penebusan harus dikurangkan dari hasil tetap dalam mengkalkulasi hasil penebusan. Contoh, suatu obligasi yang menawarkan suatu pembayaran bunga sebesar £5 per tahun dan dengan suatu harga pasar sekarang sebesar £50, akan mempunyai hasil tetap sebesar 10%. Jika sebagai tambahan, harga penebusan tertentu dari obligasi tersebut adalah sebesar £100 dalam waktu lima tahun, maka obligasi tersebut menjanjikan suatu laba potensial sebesar £100 – £50 = £50 yang sama dengan suatu suatu laba tahunan sebesar £50 : 5 = £10 per tahun, atau suatu pengembalian tambahan sebesar £10 : £50 atau 20%. Jumlah ini akan ditambahkan pada hasil tetap yang sebesar 10% untuk memperoleh hasil penebusan sebesar 30%. Perhitungan yang demikian sesuai untuk SURAT-SURAT BERHARGA KEUANGAN YANG DAPAT DITEBUS {REDEEMABLE FINANCIAL SECURITIES). Hasil dapat menunjukkan tingkat bunga yang dapat dibayarkan pada harga pasar dari suatu obligasi (HASIL BUNGA {INTEREST YIELDS) ), atau tingkat DIVIDEN {DIVIDEND) yang dapat dibayarkan pada harga pasar dari suatu SAHAM {SHARE) (HASIL DIVIDEN {DIVIDEND YIELD)); atau laba perusahaan per saham (sesudah pajak) dikaitkan dengan harga saham tersebut (HASIL PENDAPATAN {EARNINGS YIELD)).
YIELD CURVE / KURVA HASIL adalah suatu garis yang memperlihatkan hubungan antara tingkat-tingkat pengembalian pada OBLIGASI (BONDS) dengan masa jatuh tempo yang berbeda-beda. Kemiringan dari garis tersebut menyatakan apakah TINGKAT BUNGA (INTEREST RATES) cenderung meningkat atau menurun.

PENGERTIAN KURVA HASIL | ok-review | 4.5