PENGERTIAN KOMODO

By On Tuesday, April 22nd, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN KOMODO – Suatu jenis biawak raksasa yang ditemu­kan di Pulau Komodo, Rinca, Padar, dan bagian barat Pulau Flores. Biawak yang dianggap sebagai reptil primitif ini ditemukan Ouwens pada tahun 1912. Saat ini, komodo dilindungi undang-undang.
Panjang tubuhnya dapat mencapai 3 meter dengan bobot sekitar 135 kilogram. Ekornya panjang. Kulit­nya kasar dan ditutupi sisik berwarna kusam. Di ba­gian dalam mulutnya yang berwarna merah terdapat sederetan gigi; lidahnya yang panjang dan bercabang dua selalu dijulur-julurkan. Komodo dapat berjalan dengan tangkas. Diperkirakan, reptil ini dapat menca­pai usia 100 tahun.
Komodo aktif di siang hari; sedangkan pada malam hari bersembunyi dalam liang yang digali dengan cakarnya. Komodo juga menggali liang untuk me­letakkan telurnya hingga menetas. Panjang bayi komodo sekitar 0,50 meter. Selama beberapa bulan pertama hidupnya, komodo muda tinggal di atas pohon. Komodo muda makan serangga, sedangkan yang dewasa memangsa kijang dan babi, atau bangkai hewan.

PENGERTIAN KOMODO | ok-review | 4.5