PENGERTIAN KOMISI TENAGA ATOM

By On Wednesday, April 23rd, 2014 Categories : Teknologi

PENGERTIAN KOMISI TENAGA ATOM – Badan yang didirikan oleh Pemerintah dari berbagai negara untuk kegiatan yang berkaitan dengan energi nuklir di dalam negeri masing-masing. Di Indonesia, komisi ini bernama Ba­dan Tenaga Atom. Amerika Serikat pernah memiliki Atomic Energy Comission. Demikian pula Perseri­katan Bangsa-bangsa. Di sini hanya akan dibahas se­cara ringkas Komisi di Amerika Serikat dan pada PBB. Untuk Indonesia, lihat Badan Tenaga Atom.
Ketentuan Undang-undang Energi Ajom Amerika. Serikat yang diumumkan dalam tahun 1946 segera di­laksanakan dengan didirikannya Komisi Tenaga Atom dengan tugas mengarahkan program nasional untuk pengembangan, penggunaan, dan pengawasan energi atom untuk maksud militer maupun maksud damai. Sebelum memberi nasihat Departemen Pertahanan dalam pene­rapan militer energi nuklir lewat komite penghubung militernya. Dalam tahun 1954 Undang-undang 1946 diubah oleh Kongres untuk memungkinkan perusahan swasta memiliki dan menjalankan fasilitas produksi dan pe­manfaatan bahan bakar nuklir, dengan izin Komisi. Di samping itu perusahan-perusahaan itu diizinkan ber­tukar informasi secara internasional mengenai peng­gunaan energi nuklir untuk maksud damai, bahkan memasok bahan nuklir untuk riset dan pembangkitan tenaga listrik. Dalam tahun 1964 Kongres memberi keleluasaan lebih lanjut kepada perusahaan swasta itu untuk memiliki bahan radioaktif, yang digunakan se­bagai bahan bakar nuklir. Komisi Tenaga Atom ini dibubarkan dalam tahun 1975, karena fungsinya dirangkum dalam Badan Lit­bang Energi (ERDA, Energy Research and Develop­ment Administration), yang berwenang dan bertugas menyelidiki, merencanakan, dan mengembangkan sumber energi (nuklir dan non-nuklir), serta merumuskan kebijakan energi Amerika Serikat yang menyeluruh. Di dalamnya terdapat Komisi Penga­turan Nuklir yang mengoper tugas dan wewenang Ko­misi Tenaga Atom tersebut di atas. Dalam tahun 1977 semua tugas dan wewenang ERDA dialihkan ke da­lam Departemen Energi yang baru dibentuk.
Negara-negara besar seperti Inggris, Perancis, Uni Soviet, Cina, demikian pula negara seperti India, Pakistan, Israel, dan banyak negara-negara lain, me­miliki Komisi Tenaga Atom yang serupa, meskipun peranan perusahaan swasta tidak semenonjol seperti di Amerika Serikat. Perserikatan Bangsa-bangsa mengenal juga Komi­si Tenaga Atom, yang merupakan badan perwakilan, terutama dari negara adidaya, dengan tugas utama pe­ngurangan senjata.

PENGERTIAN KOMISI TENAGA ATOM | ok-review | 4.5