PENGERTIAN KOMISI MACBRIDE

By On Wednesday, April 23rd, 2014 Categories : Antropologi

PENGERTIAN KOMISI MACBRIDE – Suatu komisi internasional di bawah pimpinan Sean MacBride, negarawan Irlandia, yang melakukan kajian tentang masalah komunikasi di dunia ditinjau dari kemajuan teknologi dan perkem­bangan terakhir hubungan internasional. Hasil kajian Komisi MacBride, yang dikenal dengan sebutan Tata Baru Informasi dan Komunikasi Dunia, menimbulkan perdebatan hangat di kalangan media massa, terutama antara Amerika Serikat, Inggris dan sekutu-sekutunya di satu pihak dan negara-negara Blok Uni Soviet dan Dunia Ketiga di pihak lain. Komisi ini lahir setelah pada tahun-tahun sebelumnya terjadi perdebatan ha­ngat tentang penataan kembali struktur politik dan ekonomi internasional.
Komisi ini dibentuk Direktur Jenderai UNESCO Amadou-Mahtar M’Bow sesuai dengan keputusan Si­dang Umum ke-19 UNESCO di Nairobi, Kenya, pada tahun 1976. Komisi yang nama lengkapnya Komisi Internasional untuk Mengkaji Masalah Komunikasi (International Commission for the Study of Commu­nication Problems) ini beranggotakan 16 orang, Di sanfping MacBride yang merangkap ketua, anggota lainnya adalah Elie Abel (Amerika Serikat), Hubert Beuve-Mery (Perancis), Elebe Ma Ekonzo (Zaire), Gabriel Garcia Marquez (Kolombia), Sergei Losev (Uni Soviet), Mochtar Lubis (Indonesia), Mustapha Masmoudi (Tunisia), Michio Nagai (Jepang), Fred Isaac Akporuaro Omu (Nigeria), Bogdan Osolnik (Yugoslavia), Gamal El Oteifi (Mesir), Johannes Pie- ter Pronk (Belanda), Juan Somavia (Chile), Boobli George Verghese (India), dan Betty Zimmerman (Ka­nada).
Komisi MacBride mengadakan delapan sidang uta­ma antara bulan Desember 1977 dan November 1979. Sidang pertama berwujud Seminar Internasional ten­tang Prasarana Pengumpulan dan Penyiaran Berita yang diadakan di Stockholm, Swedia, bulan April 1978. Seminar itu dihadiri sekitar 100 utusan kantor berita, radio, televisi, surat kabar, badan pengkajian dan organisasi kemasyarakatan berbagai negara. Se­lain di kantor pusat UNESCO di Paris, komisi ini juga mengadakan sidang-sidang di Swedia, Yugoslavia, India dan Meksiko.
Menurut MacBride, pertemuan di berbagai negara tersebut memungkinkan komisi menelaah dari dekat soal-soal budaya dan sosial yang terkait serta ber­hubungan langsung dengan para praktisi dan peneliti yang memiliki pandangan berbeda tentang aspek-as­pek dasar komunikasi di lingkungan masyarakat yang beraneka ragam. Selain itu, komisi menerima ratusan naskah tentang komunikasi yang ditulis para pakar di sejumlah negara. Berbagai lembaga studi internasio­nal, regional dan nasional mengirimkan pula hasil penelitian, bahan dokumentasi dan komentar ilmiah.
Komisi MacBride menyerahkan Laporan Interim kepada UNESCO bertepatan dengan sidang umum­nya yang ke-20 pada tahun 1978. Laporan final, yang diterima UNESCO pada awal tahun 1980, kemudian diterbitkan dengan judul Many Voices, One World: Communication and Society Today and Tomorrow (Banyak Suara, Satu Dunia: Komunikasi dan Masya­rakat Kini dan Esok).

PENGERTIAN KOMISI MACBRIDE | ok-review | 4.5