PENGERTIAN KOMINUSI

By On Tuesday, April 22nd, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN KOMINUSI – Salah satu tahap awal proses pengo­lahan bahan galian atau bahan lain yang bertujuan memperkecil ukuran butir-butirnya. Kominusi terdiri atas dua tahap, pemecahan (crushing) dan peng­gerusan (grinding). Proses pemecahan dilakukan ter­hadap bahan galian hingga ukurannya mencapai bebe­rapa milimeter, sedangkan penggerusan meng­haluskan bahan hingga butirnya mencapai ukuran da­lam mikron.
Proses kominusi, terutama pemecahan, merupakan proses utama untuk menghasilkan batu bangunan, baik jenis batu gunung maupun batu kali. Dalam pro­ses pemecahan dapat dihasilkan batu-batu dengan berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan. Batu belah yang berukuran 20 – 40 sentimeter umumnya diguna­kan sebagai batu pondasi.
Batu yang berukuran 3-7 sentimeter digunakan untuk balas rel kereta api, sedangkan yang berukuran 0,5 1 sentimeter, 1 – 2 sentimeter dan 2-3 sentime­ter digunakan sebagai campuran untuk pembuatan be­ton. Sisanya yang berukuran lebih kecil dari 0,5 sen­timeter digunakan sebagai campuran pembuatan ubin.

PENGERTIAN KOMINUSI | ok-review | 4.5