PENGERTIAN KOMET

By On Tuesday, April 22nd, 2014 Categories : Teknologi

PENGERTIAN KOMET – Benda langit bermassa kecil yang mengi­tari matahari dengan garis edar yang sangat lonjong. Komet terdiri atas inti dan koma yang menyelimuti inti. Bagian terbesar massa berada pada inti, sementa­ra koma berupa awan kabut, yang sering memanjang membentuk ekor karena tertiup angin surya. Ekor ini selalu berarah menjauhi matahari. Inti berukuran 15 kilometer atau kurang, koma dapat bediameter 1,5 ju­ta kilometer, dan meramping bila komet mendekati matahari. Ekor dapat memanjang sejauh 150 juta ki­lometer.
Garis edar komet kebanyakan berbentuk elips, na­mun ada pula yang berbentuk parabola. Waktu edar­nya beraneka, ada yang kurang dari 7 tahun (sekitar 100 buah), namun ada yang sampai ribuan atau bah­kan jutaan tahun (hampir 500 buah terdaftar sebagai komet yang lintasannya mendekati parabola). Makin mendekati matahari komet makin terang. Bila sekali­gus mendekati matahari dan bumi, komet tampak ma­kin jelas tampak, karena di samping makin terang ju­ga makin dekat ke pengamat di bumi. Setelah menjauhi bumi tetapi masih mendekati matahari, ko­met sukar diamati, kecuali yang sangat cerlang, kare­na disilaukan matahari.
Susunan mirip bola salju yang kotor terkena tanah adalah karena inti komet terdiri atas es dan bekuan zat lain, serta debu dan padatan. Es dan bekuan itu merupakan 70 – 80 persen massa komet. Zat lain itu antara ‘ lain adalah amonia, karbon monoksida, karbon diok­sida, dan metana, >fang pada suhu kamar kita dikenal berbentuk gas. Debu dan padatan sama bahannya de­ngan partikel meteor. Padatan itu dapat berupa butiran maupun bongkahan logam dan bahan batuan. Koma terdiri atas gas, hasil penguapan bagian luar inti ketika komet itu mendekati matahari.
Komet tak bercahaya sendiri melainkan memantul­kan, menghamburkan cahaya matahari dan berpendar karena cahaya matahari.
Komet biasanya dijumpai atau dijumpai kembali oleh astronom profesional yang mempelajari hasil pe­motretan, dan oleh seorang amatir yang tekun dan te­rampil. Para amatir ini biasanya mengamati langit di barat segera setelah matahari terbenam, atau langit di timur beberapa jenak sebelum matahari terbit, daerah langit yang biasanya jarang dipotret oleh astronom profesional. Komet Halley paling terkenal dan tam­pak 80 tahun sekali. Kohoutek adalah komet pertama yang dipelajari manusia dengan pesawat angkasa luar (dipotret dari stasiun angkasa luar Skylab). Komet Arend-Roland dan Maikos, yang muncul pada tahun 1957, serta Ikeya-Seki (1965) termasuk komet yang sangat terang.
Berdasar susunan dan garis edarnya beberaa mo­del komet telah dilontarkan orang.

PENGERTIAN KOMET | ok-review | 4.5