PENGERTIAN KOBALT

By On Sunday, April 20th, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN KOBALT – Suatu unsur berupa logam putih-perak da­ri keluarga besi dengan lambang kimia Co, nomor atom 27, dan massa atom relatif 58,9332. Rapatannya 8,8 gram per sentimeter kubik. Logam ini meleleh pa­da 1496°C. Kobalt sangat menyerupai besi dan nikel; keras, bermaknet, dan bereaksi dengan asam sambil membebaskan hidrogen. Kobalt ditemukan Georg Brandt, ahli kimia Swedia, dalam tahun 1735.
Dalam berbagai aliase kobalt digunakan sebagai maknet, alat bor, dan alat potong. Banyak aliase ko­balt tahan suhu sangat tinggi. Oksida kobalt diguna­kan dalam industri email, kaca, dan keramik lain. Ga­ram kobalt digunakan dalam cat dan pernis. Vitamin j312 mengandung kobalt.
Isotop kobalt-60 dengan waktu paro sekitar 5 tahun digunakan sebagai pemancar sinar gama. Isotop ini diperoleh dengan membom kobalt-59 dengan neutron dalam reaktor nuklir. Kobalt-60 digunakan baik untuk membunuh sel-sel kanker maupun sebagai perunut (misalnya dalam bentuk vitamin B,2).
Kobalt dalam kerak bumi relatif hanya sedikit dan berada sebagai senyawa dengan arsen, belerang, dan oksigen, yang bercampur dengan senyawa nikel dan logam lain dalam berbagai bijih. Kobalt juga dijumpai dalam meteorit. Kanada memiliki deposit bijih arseni- da dari kobalt, besi, dan nikel. Negeri lainnya Moro- ko, Rusia, Zaire, dan Zambia. Sulfida dan arsenida ko­balt diubah menjadi oksida dengan pemanggangan di udara. Oksida itu dapat direduksi oleh hidrogen untuk mendapatkan logamnya.

PENGERTIAN KOBALT | ok-review | 4.5