PENGERTIAN KOALISI

By On Saturday, April 19th, 2014 Categories : Sosiologi

PENGERTIAN KOALISI – Suatu persekutuan dua atau lebih partai politik atau negara, yang dibentuk untuk menghadapi permasalahan yang menyangkut hidup suatu negara. Dalam negara yang menganut sistem demokrasi par­lementer, suatu partai politik yang memenangkan pe­milihan umum secara mayoritas mutlak berhak mem­bentuk kabinet (pemerintahan). Tetapi bila tidak ada satu partai politik pun yang menang secara mayoritas mutlak, diadakanlah koalisi di antara dua partai poli­tik atau lebih sehingga mereka.mendapatkan jumlah kursi lebih dari separo jumlah kursi parlemen. Ga­bungan antara partai-partai politik inilah yang berhak membentuk kabinet (pemerintahan) yang biasanya di­sebut Kabinet Koalisi atau Pemerintahan Koalisi.
Di dalam sejarah ketatanegaraan Indonesia, pernah pula dibentuk semacam Kabinet Koalisi, yakni pada awal-awal kemerdekaan, meskipun pembentukan itu tidak disebabkan oleh hasil pemilihan umum, tetapi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.
Dalam sejarah Eropa pernah terjadi gabungan be­berapa negara Eropa untuk menghadapi perang de­ngan Perancis pada jaman Kaisar Napoleon Bonapar­te, pada awal abad ke-19 M. Perang gabungan antara beberapa negara melawan musuh bersama disebut pe­rang koalisi.

PENGERTIAN KOALISI | ok-review | 4.5