PENGERTIAN KEUANGAN UMUM

By On Tuesday, January 21st, 2014 Categories : Ekonomi

PUBLIC DEBT / UTANG NEGARA adalah UTANG NASIONAL (NATIONAL DEBT) dan utang-utang lainnya yang menjadi tanggung jawab pemerintah. Utang ini meliputi, misalnya, akumulasi utang industri dan otoritas lokal yang dinasionalisasi.
PUBLIC FINANCE / KEUANGAN UMUM adalah cabang dari ilmu ekonomi yang berkaitan dengan pendapatan dan pengeluaran yang berada di bawah wewenang umum dan dampaknya mempengaruhi perekonomian secara umum. Para ahli EKONOMI KLASIK ( CLASSICAL ECONOMISTS) menulis tentang keuangan umum, mereka berkonsentrasi pada sisi pendapatan, dan perpajakan (taxation). Dalam masa Keynes pada tahun 1930an, penekanan telah banyak diberikan pada sisi pengeluaran dan dampak KEBIJAKAN FISK\L (FISCAL POUCY) terhadap perekonomian. SEKTOR UMUM (PUBLIC SECTOR) adalah merupakan bagian terbesar dari perekonomian sehingga mempengaruhi setiap aspek kehidupan ekonomi, baik melalui pengeluarannya sendiri pada barang-barang dan jasa-jasa yang disediakan oleh sektor swasta; pembayaran upah pada pegawai sektor umum; ataupun pembayaran jaminan sosial (pensiun, tunjangan sakit, dan pengangguran). Dalam hal yang sama, pembiayaan pengeluaran- pengeluaran ini berasal dari berbagai jenis pajak (pajak pendapatan, pajak pertambahan nilai, pajak perusahaan, dan lain sebagainya) mempengaruhi besar dan pola pembelanjaan yang dilakukan oleh individu-individu dan perusahaan-perusahaan.
Pemerintah merencanakan pendapatan dan pengeluarannya pada setiap tahun fiskal dengan mempersiapkan suatu anggaran (lihat BUDGET GOVERMENT). Pemerintah dapat merencanakan untuk menyeimbangkan pengeluaran dan penghasilan yang bertujuan untuk membentuk suatu ANGGARAN BERIMBANG (BALANCED BUDGET); atau merencanakan untuk membelanjakan jumlah yang lebih kecil daripada penerimaan pajak yang diperoleh, untuk membentuk suatu SURPLUS ANGGARAN {BUDGET SURPLUS) dan menggunakan surplus ini untuk membayar utang-utang negara sebelumnya (lihat NATIONAL DEBT); atau merencanakan untuk membelanjakan dalam jumlah yang lebih besar daripada penerimaan pajak yang diperoleh, untuk membentuk suatu DEFISIT ANGGARAN (BUDGET DEFICIT) yang harus dibiayai dengan cara meminjam (lihat PUBLIC-SECTOR BORROWING REQUIREMENT).
Di samping berfungsi sebagai alat perencanaan pemerintah atas tanggung jawab ekonomi dan sosialnya, anggaran tersebut memegang peranan integral dalam penerapan kebijakan fiskal, khususnya pelaksanaan dari kebijakan MANAJEMEN PERMINTAAN (DEMAND MANAGEMENT) untuk menurunkan pengangguran

PENGERTIAN KEUANGAN UMUM | ok-review | 4.5