PENGERTIAN KEMAMPUAN MEMPEROLEH LABA

By On Tuesday, January 21st, 2014 Categories : Ekonomi

PROFIT / LABA adalah perbedaan yang timbul ketika PENDAPATAN TOTAL (TOTAL REVENUE) suatu perusahaan lebih besar dari BIAYA TOTAL (TOTAL COST). Definisi “laba ekonomi” ini berbeda dengan arti konvensional yang digunakan oleh pengusaha (laba pembukuan), di mana hanya laba pembukuan yang memperhitungkan biaya-biaya eksplisit yang diperhitungkan. Laba ekonomi dapat dilihat dari sudut:
(a) pengembalian yang diperoleh oieh pemilik perusahan (pengusaha) setelah pembayaran dari semua BIAYA-BIAYA EKSPLISIT (EXPLICIT COSTS) (pembayaran upah pada para pemasok masukan faktor dari luar) dan semua BIAYA-BIAYA IMPLISIT (IMPLISIT COSTS) (pembayaran untuk penggunaan masukan faktor seperti modal, tenaga kerja, yang disediakan oleh pemilik sendiri).
(b) suatu pengembalian sisa pada pemilik suatu perusahaan (suatu PENGUSAHA (ENTREPRENEUR) individual atau kelompok para PEMEGANG SAHAM (SHAREHOLDER)) untuk penyediaan modal dan pengambilan risiko.
(c) “hadiah” pada pengusaha untuk mengorganisir kegiatan produktif dalam inovasi produk-produk baru, dan lain-lain, dan untuk pengambilan risiko.
(d) penggerak utama suatu PEREKONOMIAN PERUSAHAAN SWASTA (PRTVATE- ENTERPRISE ECONOMY) yang berusaha untuk mengalokasikan sumber-sumber daya di antara penggunaan akhir yang saling bersaing sejalan dengan permintaan konsumen.
(e) dalam istilah agregat, suatu sumber pendapatan dan karenanya termasuk sebagai bagian dari PENDAPATAN NASIONAL (NATIONAL INCOME) .
Lihat juga PROFIT MAXIMIZATION, NORMAL PROFIT, ABOVE NORMAL PROFIT, RISK AND UNCERTAINTY, NATIONAL INCOME ACCOUNTS.
PROFITABILITY / KEMAMPUAN MEMPEROLEH LABA adalah LABA (PROFIT) yang dihasilkan oleh suatu perusahaan yang berkaitan dengan besarnya perusahaan, yang diukur menurut AKTIVA (ASSETS) total yang digunakan, modal jangka panjang atau jumlah pegawai. Lihat RETURN ON CAPITAL EMPLOYED.

PENGERTIAN KEMAMPUAN MEMPEROLEH LABA | ok-review | 4.5