PENGERTIAN KECENDERUNGAN UNTUK MENABUNG

By On Tuesday, January 21st, 2014 Categories : Ekonomi

PROPENSITY TO SAVE / KECENDERUNGAN UNTUK MENABUNG adalah proporsi dari PENDAPATAN NASIONAL (NATIONAL INCOME) yang ditabung oleh rumah tangga (lihat SAVING) . Kecenderungan untuk menabung rata-rata dirumuskan sebagai berikut.: total tabungan total pendapatan Kecenderungan untuk menabung marginal adalah pecahan dari setiap perubahan dalam pendapatan yang ditabung:
perubahan dalam tabungan kecenderungan untuk menabung marginal = — 2
perubahan dalam pendapatan Secara alternatif, tabungan dapat dinyatakan sebagai suatu proporsi dari PENDAPATAN YANG DAPAT DIBELANJAKAN (DISPOSABLE INCOME) .
Dalam MODEL ARUS MELINGKAR PENDAPATAN NASIONAL (CIRCULAR FLOW OF NATIONAL INCOME MODEL) yang sederhana, semua pendapatan yang dapat dibelanjakan dapat dikonsumsi atau ditabung oleh rumah tangga. Penjumlahan dari KECENDERUNGAN UNTUK MENGKONSUMSI MARGINAL (MARGINAL PROPENSITY TO CONSUME) dan KECENDERUNGAN UNTUK MENABUNG MARGINAL (MARGINAL PROPENSTFY SAVE) adalah sama dengan satu (perhatikan bahwa tabungan didefinisikan sebagai semua pendapatan yang dapat dibelanjakan yang tidak dibelanjakan oleh konsumen, tanpa menghiraukan apakah tabungan tersebut ditempatkan di bank, disembunyikan di bawah bantal, atau di manapun juga). Suatu peningkatan dalam kecenderungan untuk menabung menurunkan pengeluaran konsumsi untilik suatu tingkat pendapatan tertentu, misalnya dari OC ke OC, pada tingkat pendapatan Y dalam Gambar 151. Hal ini meningkatkan penarikan tabungan dari arus melingkar pendapatan nasional sehingga mengakibatkan suatu penurunan dalam permintaan agregat dan pendapatan nasional.
Lihat MULTIPLIER.

PENGERTIAN KECENDERUNGAN UNTUK MENABUNG | ok-review | 4.5