PENGERTIAN KEBIJAKAN INDUSTRI

By On Thursday, December 19th, 2013 Categories : Ekonomi

INDUSTRIAL POLICY / KEBIJAKAN INDUSTRI adalah suatu kebijakan yang berkaitan dengan pengembangan efisiensi industri dan persaingan, regenerasi industri dan perluasan serta penciptaan kesempatan kerja. Kebijakan industri dapat didasarkan secara luas, yang mencakup misalnya kebijakan meningkatkan persaingan (lihat COMPETITION POLICY) dan mempromosikan pembangunan regional (lihat REGIONAL POLICY) dan juga langkah-langkah kebijakan secara keseluruhan untuk meningkatkan efisiensi dan pengadopsian atau /jbemakaian teknologi baru; atau dapat lebih sempit lagi, diarahkan pada campur tangan yang selektif dari industri tertentu atau mendukung proyek-proyek dan perusahaan-perusahaan tertentu. Kebijakan industri di hampir setiap negara adalah reaktif (misalnya dalam mengantisipasi kegagalan pasar dengan melakukan strukturisasi kembali dan rasionalisasi pada industri yang menurun atau membantu perusahaan yang gagal tetapi masih potensial) dan proaktif (bertindak sebagai katalisator untuk meng-adakan perubahan dengan cara misalnya mendorong pembentukan usaha baru dan pengembangan teknologi baru).
Di Inggris, kebijakan industri dalam pengertian yang luas telah dilakukan sampai saat ini melalui National Economic Development Council/NEDC (Dewan Pembangunan Ekonomi Nasional) dan satelitnya, Economic Development Committees (Komite Pembangunan Ekonomi). Tugas pokok dari NEDC adalah memformulasikan program pengembangan efisiensi dan persaingan internasional untuk mengetahui tindakan dan peluang yang dihadapi sektor industri tertentu. NEDC telah dihapuskan pada tahun 1992.
Contoh dari program umum untuk membantu industri adalah bantuan kepada perkembangan usaha kecil yang baru beroperasi (Skema Ekspansi Usaha); pemakaian teknologi maju (Skema Aplikasi Prosesor Mikro); dan latihan kejuruan.
Contoh dari intervensi yang selektif dalam industri Inggris adalah RASIONALISASI (RATIONALIZATION) industri yang sedang menurun; membantu pertumbuhan industri teknologi tinggi; membantu perusahaan yang sedang mengalami kesulitan keuangan sementara; membantu PENEMUAN (INVENTIONS) dan INOVASI (INNOVATIONS) , dan membantu dalam strategi PENGGABUNGAN (MERGERS).
Beberapa badan telah didirikan untuk mensponsori dan memberikan bantuan keuangan dalam bidang ini, termasuk National Research and Development Corporation (didirikan pada tahun 1948), The Industrial Reorganization Corporation (1966 – 1971), the National Enterprise Board (1975), dan (sekarang ini) the British Tecnology Group, yang dibentuk melalui penggabungan dari the National Research and Development Corporation dengan National Enterprise Board pada tahun 1981.
Di beberapa negara (khususnya Inggris) kebijakan industri telah dikembangkan oleh pemerintah dengan dasar setahap demi setahap dan antusias masing-masing pemerintah dalam penerapannya bervariasi. Di negara-negara lain, seperti Jepang dan Perancis, kebijakan industri telah dipandang sebagai “tangan” dari PERENCANAAN INDIKATIF (INDICATIVE PLANNING) dan telah diterapkan dengan dasar yang berkesinambungan dan lebih terkoordinasi.

PENGERTIAN KEBIJAKAN INDUSTRI | ok-review | 4.5