PENGERTIAN KARA KUM

By On Monday, April 14th, 2014 Categories : Budaya

PENGERTIAN KARA KUM – Gurun di Asia Tengah, di wilayah Re­publik Sosialis Soviet Turkmen. Nama gurun ini digu­nakan pula untuk nama gurun lain yang lebih kecil, Priaralskiye Kara-Kum, di timur laut Laut Aral, di ne­gara bagian Soviet lainnya, Kazakh.
Luas Gurun Kara Kum sekitar 300.000 kilometer persegi. Di utara berbatasan dengan Dataran Zaunguz, di timur dengan Sungai Amu Darya, di selatan dengan Pegunungan Kopet-Dag, serta di barat dengan dataran rendah Uzboy. Wilayah gurun itu mempunyai musim panas yang panjang dan panas, serta musim dingin yang hangat.
Di gurun ini banyak bukit pasir setinggi 5—8 meter yang sering berpindah tempat. Bagian gurun yang bi­sa ditanami terletak di bagian utara Pegunungan Ko­pet-Dag. Di sana terdapat sumber air dari sumur- sumur artesis di samping beberapa oasis.
Pada tahun 1950 sampai 1967 dibangun Kanal V.I. Lenin Kara Kum sepanjang 840 kilometer. Kanal itu menghubungkan Amu Darya dan kota Geoktepe, se­kitar 48 kilometer di barat ibu kota Turkmen. Kanal itu dapat dilayari sejauh 450 kilometer. Selain itu ka­nal itu bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan air di kota, daerah pertambangan minyak, serta mengairi 740.000 hektar daerah di sekitarnya.

PENGERTIAN KARA KUM | ok-review | 4.5