PENGERTIAN KAPUK

By On Sunday, April 13th, 2014 Categories : Ilmu Alam

PENGERTIAN KAPUK – Atau randu, adalah suatu jenis pohon yang tingginya dapat mencapai 30 meter. Ketika muda, batangnya berduri tajam. Tajuknya mirip payung. Daunnya majemuk menjari dengan anak daun berben- tuk lanset. Bunganya berupa karangan bunga, berwar­na putih atau merah jambu dan berbau harum. Penyer­bukannya dibantu oleh kelelawar. Buahnya yang panjang (sampai 15 sentimeter) menggantung. Di da­lam buah terdapat sekitar 100 biji. Bijinya bulat dan dilindungi serat-serat halus berwarna putih keku­ningan. Ketika matang, buah membuka dari bawah ke atas sehingga serat-serat tersebut keluar. Serat-serat ini mengandung 64 persen selulosa.
Diperkirakan, kapuk berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Kini, pohon ini telah tersebar di seluruh daerah tropika. Daerah tumbuhnya pada ketinggian 1—800 meter di atas permukaan laut, dengan curah hujan 1.500 milimeter. Perbanyakannya dengan biji dan setek batang atau cabang.
Serat kapuk mengandung zat lilin, berkilauan, ta­han air, sulit dipintal, dan sangat elastik. Karena itu, kapuk biasa dipakai sebagai bahan penyekat, pengisi bantal, kasur, dan pelampung penyelamat. Biji kapuk mengandung 22—25 persen minyak yang jenisnya mirip minyak ekstrak biji kapas. Minyak kapuk ini di­manfaatkan antara lain dalam industri mentega, sa­bun, kosmetika. Selain itu, di bidang obat-obatan tradisional, air perasan daun kapuk muda dipakai sebagai obat asma, murus, serta serak dan batuk.

PENGERTIAN KAPUK | ok-review | 4.5