PENGERTIAN KAPILARITAS

By On Saturday, April 12th, 2014 Categories : Ilmu Alam

PENGERTIAN KAPILARITAS – Suatu gejala lebih rendah atau lebih tingginya permukaan suatu cairan di dalam pipa sem­pit, dibandingkan dengan permukaan cairan di seki­tarnya, tempat pipa sempit itu dicelupkan. Gejala ini diakibatkan oleh tegangan dalam permukaan itu dan dapat dijumpai juga dalam serabut tumbuhan. Tekan­an kapiler adalah tekanan yang ditimbulkan oleh kerja kapiler. Kayu yang menggembung karena serabutnya dijalari air mampu membelah batuan.
Di samping menyebabkan gejala tersebut di atas, tegangan permukaan juga menyebabkan butiran cair­an di udara berbentuk bola, karena bola dikenal seba­gai bentuk dengan permukaan terkecil.
Bila dua zat-alir (fluida) bertemu, gaya tarik antara molekul tak sejenis akan menimbulkan gaya pada an­tarmuka yang cenderung mengerutkan antarmuka itu. Gaya per satuan panjang (atau energi per satuan luas permukaan) itu disebut tegangan antarmuka; bila sa­lah satu zat-alir adalah udara, besaran tersebut dina­makan tegangan permukaan. Bentuk antarmuka di­tentukan oleh tagangan antarmuka, gaya berat dan bentuk wadah.
Dalam hal cairan dalam pipa sempit yang bersen­tuhan dengan udara, bentuk antarmuka itu sangat mendekati setengah bola, baik menghadap ke atas (cembung) maupun menghadap ke bawah (cekung). Bentuk cembung dan cekung ini disebut meniskus. Cairan yang membasahi kaca akan mempunyai meniskus cekung. Contoh: air, alkohol, dan berbagai minyak. Bila dibubuhkan di atas kaca mendatar air cenderung tersebar (berbeda dengan air pada daun ta­las atau permukaan lilin, yang cenderung membentuk bola pipih). Karena tekanan di bawah permukaan ce­kung lebih rendah dibandingkan dengan tekanan di bawah permukaan datar dalam wadah, maka cairan dalam pipa sempit akan naik sampai tinggi kolom cairan sama dengan selisih tekanan;itu. Inilah gejala kenaikan kapiler yang ditunjukkan oleh cairan yang membasahi kaca, bila cairan itu ditaruh dalam pipa kaca yang sempit.
Cairan yang tak membasahi kaca, misalnya raksa (merkurium; logam ini dikenal tidlk membasahi ber­bagai bahan padat lain) akan mempunyai meniskus cembung dan mengalami penurunan kapiler.

PENGERTIAN KAPILARITAS | ok-review | 4.5