PENGERTIAN KAPI JEMBAWAN

By On Saturday, April 5th, 2014 Categories : Budaya

PENGERTIAN KAPI JEMBAWAN – Dalam pewayangan, tokoh kera tua yang membantu Prabu Ramawijaya me­nyerbu Alengka untuk membebaskan Dewi Sinta. Se­sudah Prabu Dasamuka tewas, ia melihat Dewi Tri- jata, dan jatuh cinta setengah mati pada putri tung­gal Gunawan Wibisana itu. Namun ia pun sadar bah­wa ia hanyalah seekor kera tua yang buruk rupa.
Karena tak dapat menahan kerinduan hatinya, Jembawan akhirnya mengambil jalan pintas yang keliru. Dengan ilmu yang dimilikinya ia menyaru sebagai Laksmana, adik Ramawijaya yang tampan itu. Ia me­nemui Trijata, yang dalam hati kecilya juga amat me­rindukan Laksmana. Mereka pun saling melepas rin­du. Namun skandal ini terbongkar. Laksmana asli menjadi kambing hitam. Saat itulah timbul kemba­li sifat ksatria pada diri Kapi Jembawan. Sebelum Laksmana dihukum, Kapi Jembawan mengakui se­mua kesalahannya, memohon maaf, dan bersedia me­nerima hukuman apa pun.
Prabu Ramawijaya bertindak bijaksana dengan me­nikahkan Kapi Jembawan dengan Trijata. Dewi Tri­jata pun sadar bahwa ia bukanlah jodoh Laksmana yang tampan, melainkan Kapi Jembawan. Perkawinan mereka menghasilkan seorang putri cantik yang di­beri nama Jembawati. Sesudah dewasa Jembawati di­peristri oleh Kresna, raja Dwarawati.

PENGERTIAN KAPI JEMBAWAN | ok-review | 4.5