PENGERTIAN KAPASITAS MESIN

By On Saturday, April 12th, 2014 Categories : Teknologi

PENGERTIAN KAPASITAS MESIN – Menyatakan kemampuan me­sin penggerak untuk menghasilkan tenaga. Dalam re­kayasa mekanik, istilah tenaga lebih dikenal dengan daya”. Daya sebuah mesin penggerak adalah kerja yang dilakukan mesin dalam satu satuan waktu. Con­tohnya, mesin penggerak kendaraan penumpang mempunyai daya sebesar 100 daya kuda (horse po­wer) saat motornya berputar pada kecepatan 7.500 pu­taran per menit.
Daya kuda menyatakan besarnya tenaga yang diha­silkan suatu mesin. Ukuran ini disepakati secara internasional dan dinyatakan sebagai ukuran standar. Satu tenaga kuda setara dengan 75 kilogram daya meter per detik. Saat ini dikenal sistem satuan baru, yaitu Sistem Internasional (the International System of Units). Me­nurut S .L, untuk menyatakan tenaga motor dipakai sa­tuan watt atau kilowatt; misalnya daya motor sebuah kendaraan penumpang sebesar 90 kilowatt.
Makin besar daya suatu motor, makin besar pula kemampuannya untuk menarik beban. Contohnya, kendaraan sedan yang mempunyai daya kecil hanya bisa mengangkut lima penumpang, sedangkan bus yang memiliki daya sangat besar mampu mengangkut sekitar 50 penumpang sekaligus. Lokomotif kereta api mempunyai daya hingga beberapa ribu kilowatt, karena itu mampu menarik rangkaian gerbong yang berisi ratusan penumpang.
Suatu mesin penggerak tidak akan berguna apabila kapasitas yang dimilikinya tidak cukup besar untuk mengatasi beban yang harus dihelanya. Misalnya, motor penggerak berdaya kecil yang dirancang untuk kendaraan sedan tidak akan mampu menggerakkan bus yang membutuhkan daya sangat besar.

PENGERTIAN KAPASITAS MESIN | ok-review | 4.5