PENGERTIAN KAPASITANS

By On Saturday, April 12th, 2014 Categories : Teknologi

PENGERTIAN KAPASITANS – Salah satu sifat suatu sistem listrik, yang terdiri atas dua penghantar yang saling dipisah­kan oleh suatu isolator (penyekat listrik); sistem ini mampu menyimpan energi listrik bila antara kedua penghantar itu diberikan selisih potensial. Satuan ka­pasitans adalah farad, menurut nama fisikawan terke­nal Michael Faraday. Karena satuan ini terlalu besar, biasa digunakan mikrofarad (10~6 farad) dan pikofa- rad (10~12 farad).
Bila suatu voltase V yang dikenakan pada pasangan penghantar menyebabkan tersimpannya muatan lis­trik sebesar +<2 pada penghantar yang satu, dan -Q pa­da penghantar yang lain, dikatakan kapasitans pa­sangan konduktor itu mempunyai kapasitans sebesar C=Q/V. Bila V dalam volt dan Q dalam coulomb, ma­ka C dalam farad. Pasangan penghantar itu lazim di­sebut suatu kapasitor atau kondensator. Kapasitans se­buah kapasitor berbanding lurus dengan luas lempeng, berbanding terbalik dengan tebal lapisan isolatornya dan berbanding lurus dengan tetapan die- lektrik isolator itu.
Kapasitans biasa diukur dengan menggunakan me­tode rangkaian-jembatan, yang membandingkan ka­pasitans anu dengan kapasitans yang diketahui.

PENGERTIAN KAPASITANS | ok-review | 4.5