PENGERTIAN KAPAS MESIU (guncotton)

By On Friday, April 11th, 2014 Categories : Ilmu Alam, Teknologi

PENGERTIAN KAPAS MESIU (guncotton) – Suatu bahan peledak yang diperoleh bila kapas atau selulosa kayu yang di murnikan direndam dalam campuran asam sulfat dan asam nitrat. Dalam tahun 1646 C.F. Schoenbein, ahli kimia Jerman, menemukan proses pembuatan kapas mesiu ini. Setelah direndam, kapas itu ditus kemudian dicuci, lalu dididihkan dengan air untuk menying­kirkan asam dan pengotor lain. Kapas itu ditumbuk menjadi bubur dan ditus. Sementara masih lembap, kapas dicetak menjadi lembaran atau batangan kecil. Kapas ini dapat dikeringkan di udara baik sebelum maupun sesudah dicetak.
Kapas mesiu yang akan dipakai untuk pembikinan plastik atau peledak dapat dididihkan lagi setelah di tumbuk. Air disingkirkan dengan pemeras sentrifugal dari dalam kapas setelah penggodogan dan sisa air diusir dengan alkohol.
Bila disulut kapas mesiu kering akan terbakar de ngan sangat cepat. Kapas mesiu itu akan meledak bila dipalu. Kapas mesiu basah lebih aman untuk dita­ngani dan disimpan dalam waktu lama.
Kapas mesiu biasa menyala terlalu cepat untuk di­gunakan sebagai peledak dalam peluru biasa. Laju nyalanya dapat dikendalikan bila diselaikan dalam nitrogliserin atau pelarut lain. Kapas mesiu selai ini me­rupakan penyusun utama dalam bahan peledak tanpa- asap. Secara kimia, kapas mesiu ini disebut selulosa nitrat atau nitroselulosa. Selulosa yang tak penuh di- nitrasikan biasa disebut kapas kolodion dan banyak digunakan untuk membuat plastik dan lak.

PENGERTIAN KAPAS MESIU (guncotton) | ok-review | 4.5