PENGERTIAN KAPAL UAP

By On Friday, April 11th, 2014 Categories : Teknologi

PENGERTIAN KAPAL UAP – Suatu jenis kapal laut yang berpeng- gerak mesin uap. Sebelum digunakan mesin uap, hampir semua kapal laut memanfaatkan angin melalui layar sebagai tenaga geraknya. Bahkan sebelum itu, mula-mula oleh bangsa Romawi, digunakan tenaga manusia untuk memutar dayung. Ketidaktentuan arah dan kecepatan angin yang dimanfaatkan layar untuk mendorong kapal dan ketidakpraktisan roda kayuh di kedua sisi kapal yang digerakkan manusia, menjadi penyebab utama dicarinya sumber tenaga lain untuk menggerakkan kapal laut. Konsep pemakaian mesin uap sebagai tenaga penggerak ternyata sudah pernah dilahirkan oleh Leonardo Da Vinci. Tetapi sebagai te­naga gerak kapal laut, konsep itu baru terwujud pada tahun 1787, ketika John Fitch menunjukkan cara kerja tenaga uap untuk menggerakkan dayung secara ber­gantian, meskipun ia tidak berhasil menjalankannya. Kapal uap pertama
yang sukses dioperasikan adalah ciptaan Robert Fulton. Pada tahun 1807, Clermont, demikian nama kapal itu, berlayar sejauh 240 kilome­ter dari New York menuju Albania dalam waktu 32 jam. Sepuluh tahun setelah itu, sukses Fulton diikuti banyak orang dengan munculnya banyak kapal laut bertenaga mesin uap.
Tahun 1819. Savannah, kapal layar bertenaga ban­tu mesin uap, berhasil menyeberangi Lautan Atlantik. Mesin uapnya digunakan untuk memutar roda kayuh di kedua sisi kapal. Tetapi baru di tahun 1838 kapal Inggris, Great Western, berhasil menggunakan tenaga uap tanpa layar untuk menyeberangi Lautan Atlantik. Dengan membakar batu bara untuk mengubah air menjadi uap bertekanan tinggi, kapal laut dapat ber­gerak tanpa bantuan tenaga angin. Mulai sekitar tahun 1915-an fungsi batu bara sebagai bahan bakar mulai diganti minyak. Kini, hampir 90 persen kapal uap di dunia menggunakan minyak sebagai bahan bakarnya.
Keberhasilan dikembangkannya mesin uap sebagai tenaga gerak kapal tidak akan tercapai bila tak dida­hului beberapa penemuan penting dalam bidang tek­nik. Penemuan asas turbin uap adalah penyebab terbe­sar digunakannya mesin uap sebagai tenaga gerak kapal. Turbin uap, bila digabungl-m dengan roda-ro­da gigi reduksi dan ketel uap, sangat cocok sebagai pengubah bahan bakar menjadi tenaga gerak. Tekanan uap yang dihasilkan ketel diubah menjadi gerak putar untuk menggerakkan baling-baling. Pemanfaatan konstruksi logam adalah sebab kedua. Dibandingkan Kayu, kapal laut dapat dibuat lebih besar, lebih kuat, dan lebih ringan ‘bila badannya dibuat dari logam, sehingga memungkinkan dipasangnya mesin uap yang besar di dalam badannya. Logam pertama yang dipakai adalah besi, tetapi setelah tahun 1885 hampir semua kapal laut dibuat dari baja yang terbukti lebih kuat. Sebab terakhir adalah ditemukannya per­lengkapan baru pengganti roda kayuh, yakni baling- baling. Baling-baling lebih efektif dalam memanfaat­kan tenaga putar daripada roda kayuh karena seluruh bagiannya berada di dalam air.

PENGERTIAN KAPAL UAP | ok-review | 4.5