PENGERTIAN KAOLIN

By On Friday, April 11th, 2014 Categories : Budaya, Review, Teknologi

PENGERTIAN KAOLIN – Tanah liat putih lunak yang diberi nama menurut nama punggungan bukit pegunungan Kiangsi, Cina, tempat kaolin ditambang selama beberapa abad. Kaolin digunakan dalam pembuatan barang-ba­rang yang membutuhkan kehalusan, barang-barang pecah belah keramik putih; sebab itu nama kaolin di­pilih untuk tanah liat bahan tembikar dan tanah liat porselen. Kaolin adalah hidrosilikat dari aluminium, yang dibentuk oleh peluruhan feldspar dan mineral- mineral yang mengandung aluminium lainnya. Ru­mus kimianya ialah Al2O3.2SiO2.2H2O.
Sekarang banyak dilakukan penambangan kaolin di Perancis, Inggris, Jerman, Cekoslowakia, Cina, dan Amerika Serikat. Amerika Serikat merupakan peng­hasil terbesar, terutama Georgia.
Kaolin digunakan sebagai pasta dalam pabrik ba­rang pecah belah dan keramik-keramik lainnya, seba­gai bahan pencampur dalam industri bata tahan-api, sebagai pengisi dalam karet dan sebagai bahan pen­campur di dalam cat. Tetapi di Amerika Serikat umumnya kaolin digunakan dalam industri kertas, yang sifat pemutih dan penyerapannya membuatnya ideal sebagai pengisi dan pelapis permukaan. Kaolin juga digunakan industri plastik dan kosmetik.
Nama kaolin juga dipakai kelompok mineral tanah liat yang penting, termasuk kaolinit aluminium hidro­silikat, dickite, nacrite, anauksit, halosit, dan alofan.
Komposisi kaolin dapat digolong-golongkan men­jadi oksida basa, oksida netral, dan oksida asam. Kao­lin tidak bersifat plastis hingga hanya dapat dipakai dalam pembuatan tembikar, bila dicampur dengan ba­han lain atau fluks. Makin sedikit kandungan besi ok­sidanya, makin putih warnanya. Kristalnya pipih dan runcing.
Di Indonesia, lokasi penambangannya terdapat di Bangka, Belitung, dan beberapa daerah di Jawa Barat. Setelah ditambang, kaolin disemprot dengan air hing­ga menjadi bubur yang dapat terbawa oleh aliran air semprotan itu. Dalam perjalanan bersama air semprot­an tersebut, butir yang besar akan terpisah dari butir yang halus. Endapan kaolin yang sudah terpisah dari butiran yang besar dimasukkan ke dalam bak, lalu di­campur air dan diaduk kemudian diendapkan. Bagian bawahnya terdiri atas butiran pasir dan bagian atasnya kaolin. Bagian atas ini diambil dan dikeringkan lalu digiling menjadi butir-butir halus.
Kaolin digunakan untuk bahan baku keramik, glasur, bahan pengisi plastik, bahan pencampur pem­buatan cat, dan kertas. Juga untuk pembuatan batu tahan api.

PENGERTIAN KAOLIN | ok-review | 4.5