PENGERTIAN KANON

By On Wednesday, April 9th, 2014 Categories : Teknologi

PENGERTIAN KANON – Salah satu jenis persenjataan tembak (pe­lontar balistik) berlaras kaliber besar dan sangat berat. Kalibernya biasanya lebih besar dari 20 milimeter, se­perti halnya kelompok senjata tembak lain yang ter­golong dalam meriam. Peristilahan militer “kanon” konon berasal dari kata Latin canna yang artinya bu­luh atau tabung.
Semula kanon secara khusus dipakai untuk menye­but jenis meriam yang (1) larasnya beralur dan (2) ke­cepatan lepas-laras pelurunya relatif tinggi. Ini berbeda dengan mortir berat khususnya, yang laras­nya tidak beralur dan kecepatan lepas laras pelurunya lebih rendah daripada kanon. Tetapi, dalam perkem­bangannya, telah direkayasa jenis kanon dengan kece­patan lepas-laras peluru sangat tinggi, yang larasnya justru tidak beralir.
Istilah ini juga dipakai untuk jenis kanon yang la­zimnya memiliki kemampuan tembak ulang lebih cePat/otomatik, misalnya kanon tank, kanon kapal, maupun jenis-jenis kanon artileri pertahanan udara.
Artileri pertahanan udara TNI-AD, misalnya, masih menggunakan jenis kanon tersebut, meskipun juga menggunakan rudal antipesawat terbang yang jauh
le­bih handal dan lebih praktis digelar dalam pertem­puran.

PENGERTIAN KANON | ok-review | 4.5