PENGERTIAN KANKER

By On Wednesday, April 9th, 2014 Categories : Kesehatan

PENGERTIAN KANKER – Neoplasma, atau tumor ganas (karsino­ma, sarkoma adenokarsinoma), adalah sel-sel jaring­an tubuh yang menjadi ganas. Proses keganasan ini ditandai oleh pembelahan sel dengan cepat dan tidak terkendali membentuk sel sejenis dengan sel asalnya, namun dalam bentuk primitif dan tidak sempurna. Sel-sel ganas ini mempunyai kemampuan menyebar dan merusak jaringan sekitarnya. Sel-sel tersebut mungkin terbawa oleh peredaran darah atau getah be­ning sehingga mampu menyebar ke organ atau jaring­an lain yang jauh dari tempat asalnya. Kanker yang sudah menyebar jauh ini disebut kanker yang sudah mengalami metastasis.
Banyak faktor yang menjadi penyebab timbulnya kanker, namun penyebab langsungnya masih merupa­kan bahan perdebatan para ahli. Faktor-faktor penye­bab itu meliputi rangsang fisik, kimia (diet), dan biologik (virus). Rangsang fisik yang sering dihu­bungkan dengan kanker ialah rangsang yang berasal dari sinar matahari dan radiasi, sedangkan rangsang kimia antara lain berupa zat pewarna, debu kayu, as­bes, dan asap rokok. Pola konsumsi bahan makanan diduga juga mempengaruhi kejadian kanker pada sua- tu populasi. Misalnya kanker usus besar jarang terjadi pada penduduk yang biasa makan makanan berserat.
Infeksi virus akhir-akhir ini diduga sering berperan dalam timbulnya beberapa jenis kanker, misalnya vi­rus Epstein-Barr pada tumor kelenjar getah bening (limfoma Burkitt) dan kanker nasofaring, virus hepa­titis B pada kanker sel hati primer, dan virus papiloma manusia pada kanker leher rahim. Penderita AIDS ju­ga sering menderita kanker jenis tertentu.
Lingkungan juga diduga dapat mempengaruhi ter­jadinya kanker. Misalnya, terjadinya kanker lambung pada orang Jepang yang bermigrasi ke Amerika jauh lebih jarang daripada terjadinya penyakit ini pada me­reka yang tidak bermigrasi. Belum jelas apakah hal ini disebabkan oleh perubahan kebiasaan hidup, kebiasa­an makan, lingkungan, atau oleh hal lain. Para peneliti menyatakan bahwa kira-kira 80 persen kanker dise­babkan oleh faktor lingkungan.
Pengobatan kanker ditentukan oleh jenisnya, letak­nya pada tubuh, tingkat penyebaran, dan kondisi pen­derita. Umumnya pengobatan meliputi tindakan operasi, penyinaran dengan bahan radioaktif, dan obat antikanker. Tingkat keberhasilan pengobatan biasa­nya dinyatakan dalam besarnya harapan hidup dalam jangka waktu lima tahunan. Dengan pengobatan, be­berapa jenis kanker dapat sembuh dengan sempurna.

PENGERTIAN KANKER | ok-review | 4.5