PENGERTIAN KANISHKA

By On Wednesday, April 9th, 2014 Categories : Agama, Antropologi, Budaya

PENGERTIAN KANISHKA – Maharaja terbesar Dinasti Kushana yang berkuasa di sebagian besar Anak Benua Asia (abad ke-I SM-abad ke-2). Kanishka menobatkan era Sakakala (tahun Saka) sebagai tanggal dan tahun penanggalan resmi kerajaan Dinasti Kushana, yang jatuh pada bulan mati Sasih Kesanga (bulan mati pada bulan Maret) setiap tahunnya, sejak tahun 78.
Kanishka seorang pemeluk agama Hindu yang sa­leh, namun ia tidak menjadikan agama sebagai dasar dan falsafah negara. Ia juga memperhatikan perkembangan agama Budha dengan membangun wihara Bu­dha di Peshawar, ibu kota Purushapura, yang terkenal sampai ke Tibet, Cina, Jepang, India Selatan dan Sri Langka. Sidang Dewan Agung agama Budha dilang­sungkan di Purushapura pada masa kekuasaan Kani­shka. Sidang ini dihadiri wakil-wakil perutusan Dewan Agama dari segala penjuru dunia.
Tahun 1 Saka (tahun 78 Masehi) adalah jaman ke­emasan Kanishka yang ditandai dengan kemajuan keamanan, stabilitas dan perdamaian bidang politik, ekonomi dan budaya serta kerukunan beragama de­ngan dikukuhkannya rasa toleransi di antara umat Hindu dan umat Budha.

PENGERTIAN KANISHKA | ok-review | 4.5