PENGERTIAN KANGURU

By On Tuesday, April 8th, 2014 Categories : Ilmu Alam

PENGERTIAN KANGURU – Suatu kelompok binatang berkantung. Binatang ini bergerak dengan melompat-lompat, ka­rena bergeraknya menggunakan dua kaki belakang dan posisi tubuhnya sering kali tegak. Kepalanya ramping dengan moncong panjang atau pendek me­nyerupai kelinci. Umumnya, anggota tubuh belakang­nya lebih besar dan panjang daripada yang depan. Ekornya yang tebal dan panjang dipakai untuk men­jaga keseimbangan tubuh sewaktu bergerak. Biasa­nya, jari pertama kaki belakangnya tidak tumbuh, jari kedua dan ketiga berlekatan dengan dua kuku yang terpisah, dan jari keempatnya panjang, besar, dan kuat. Gigi seri atasnya, terutama yang tengah, panjang dan kuat; gigi seri bawahnya yang berjumlah hanya dua buah mirip gigi tikus; sedangkan tonjolan gera­hamnya bertipe lophodont, seperti tonjolan pada ge­raham kelinci. Pada kanguru., penisnya terletak di belakang buah zakar.
Daerah penyebaran kanguru fheliputi Australia, Pulau Tasmania, Irian Jaya, dan Papua Niugini,serta Kepulauan Aru dan Kei, dan jugaVKepulauan Bis­marck.
Kanguru aktif mencari maljan padatmalam hari, na­mun beberapa jenis mencari makan pada waktu fajar dan senja. Meskipun demikian, kadang kala kanguru terlihat mencari makan pada siang hari. Makanannya berupa rerumputan dan dedaunan. Sistem pencernaan itu terlahir, bayi yang kecil dan masih sangat lemah merayap menuju kantung perut induknya. Pada kan­tung ini terletak puting susu induknya. Anak kanguru tetap tinggal dalam kantung perut induknya sampai tjba masanya disapih.
Kanguru sering diburu di Australia karena diang­gap penyaing ternak, hama pertanian, atau diinginkan daging makanannya menyerupai hewan memamah biak, yaj. tu dengan bantuan jasad renik dalam perutnya. Kanguru berbiak dengan melahirkan seekor atau kadang kala dua ekor anak pada setiap kelahiran. Bedan bulunya. Kulit dan daging kanguru meru­pakan bahan ekspor penting Australia. Akibatnya po­pulasi kanguru pernah merosot drastis. Sekarang, sudah ada usaha pengembangbiakkan kanguru untuk mengatasi kemerosotan populasinya.
Beberapa orang menggunakan istilah kanguru un­tuk semua binatang anggota suku Macropodidae yang terdiri atas 17 marga dan 52 jenis. Tetapi dalam arti sempit, istilah ini hanya digunakan untuk anggota Macropus yang dikenal sebagai kanguru darat, dan anggota Dendrolagus yang dikenal sebagai kanguru pohon. Di Indonesia, selain anggota Macropus dan Dendrolagus, anggota Thylogale yang dikenal seba­gai walabi di Australia, juga disebut kanguru.
Di Indonesia dikenal empat jenis kanguru pohon, yakni Dendrolagus dorianus, D. matschiei, D. ursinus, dan D. inustus; serta dua jenis kanguru darat, yai­tu kanguru saham di Merauke, dan kanguru semak. Semua jenis kanguru pohon dilindungi undang-un­dang.

PENGERTIAN KANGURU | ok-review | 4.5