PENGERTIAN KANAN

By On Tuesday, April 8th, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN KANAN – Dalam politik, merupakan bagian dari ideologi, paham, dan aliran tertentu dalam suatu ge­rakan politik. Istilah “kanan” ini muncul pertama kali sekitar abad ke-17 dan 18 di dalam monarki Perancis. Pada waktu itu istilah kanan diartikan sebagai seke­lompok orang yang duduk di sebelah kanan raja pada sidang pleno kerajaan, dan mereka merupakan kelom­pok pendukung bentuk monarki absolut. Dalam per­kembangan selanjutnya, istilah ini mulai dipakai pula oleh negara-negara lainnya. Pada umumnya, kelom­pok yang berhaluan kanan ini terdiri atas kaum puri­tan atau bangsawan yang ingin mempertahankan sistem monarki absolut.
Sekarang pengertian kanan sering diartikan seba­gai pemikiran, pendapat, ataupun tindakan yang di­sertai aksi atau gerakan politik sekelompok orang yang tidak senang kepada sistem yang telah mapan, dengan menggunakan ideologi keagamaan dan liberalisme atau kapitalisme, serta nasionalisme seba­gai dasar perjuangannya. Sasaran akhirnya adalah merebut pusat-pusat kekuasaan dan mengganti sistem yang ada dengan sistem yang mereka yakini benar dan tepat.
Di Jepang, khususnya, kelompok kanan diikuti oleh kaum Ultra Nasionalis (yang ingin mengemba­likan Jepang ke keadaan seperti pada jaman Meiji). Untuk Indonesia, gerakan DI/TII yang dipimpin oleh Kartosuwiryo di Jawa Barat, Kahar Muzakar di Sula­wesi Selatan, Gerakan Teror Warman, dan Kelompok Imran, merupakan contoh gerakan paham kanan. Contoh laindapat dilihat di Amerika Latin dengan Teologi Pembebasan, di Afganistan dengan Mujahiddin, dan di India dengan kelompok Singh, dll.

PENGERTIAN KANAN | ok-review | 4.5