PENGERTIAN KANAK-KANAK

By On Tuesday, April 8th, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN KANAK-KANAK – Suatu tahapan pertumbuhan ma­nusia dari umur 1 tahun sampai dengan umur 6 tahun. Tahapan ini ditandai dengan mulainya sikap tegak dan berjalan dengan kedua kaki. Tinggi badan pada umur 1 tahun 42 persen tinggi badan dewasa pada laki-laki dan 44 persen pada perempuan. Pada umur 2 tahun tinggi badan mencapai 50 persen pada laki-laki dan 52 persen pada perempuan, sehingga secara sederhana tinggi badan pada umur 2 tahun adalah setengah ting­gi dewasa.
Pada masa kanak-kanak ini semua pusat penu­langan pada lengan, tangan, tungkai, kaki dan jari-je­mari sudah muncul semua. Pada umumnya gigi seri pada umur 1 tahun sudah ada 6 buah; 2 gigi di rahang bawah adalah gigi seri pertama dan 4 gigi di rahang atas adalah gigi seri pertama dan kedua. Pada umur 2 tahun sudah ada 16 gigi terdiri atas gigi seri, gigi ta­ring, dan gigi geraham pertama. Lengkapnya gigi seri terjadi pada tahun ketiga. Dengan adanya gigi, makanan yang diberikan berubah dari cair menjadi makanan padat. Ruang tenggorok membesar dan me­nyudut terhadap rongga mulut, sehingga memberikan kemungkinan gerak lebih kompleks dan anak pun da­pat mengucapkan vokal dan konsonan dengan jelas; mula-mula anak mengungkapkan kehendak dengan suku kata dan kemudian dengan kata-kata dan akhir­nya dengan kalimat.
Volume otak pada umur 1 tahun sudah 62 persen volume dewasa, umur 2 tahun 75 persen, umur 4 tahun 83 persen, dan umur 6 tahun 88 persen. Selama itu tidak terjadi penambahan sel otak; yang terjadi hanya penambahan volume sel dan selubung serabut saraf otak. Kemampuan otak bertambah; bila anak sebe­lumnya hanya mempunyai kesadaran akan arah dan jarak, sekarang kesadaran pragmatis konkret itu ber­tambah dengan urutan dan waktu, sehingga pada akhir masa kanak-kanak, si anak mampu bersekolah. Nilai- nilai yang esensial abstrak seperti baik dan buruk, be­nar dan salah, keindahan dan lain-lain mulai di­tanamkan, agar anak menjadi pribadi yang baik terha­dap lingkungannya. Masa kanak-kanak berakhir de­ngan munculnya gigi permanen.

PENGERTIAN KANAK-KANAK | ok-review | 4.5