PENGERTIAN KAMFOR

By On Thursday, April 10th, 2014 Categories : Ilmu Alam

PENGERTIAN KAMFOR – Suatu zat yang diperoleh dari pohon kamfer (Cinnamomum camphora). Rumus kimianya CioHieO. Ranting pohon kamfer akan meneteskan kamfor bila dikukus. Kamfor kasar ini ditampung dan dikempa untuk membuang minyak dan airnya. Akan diperoleh kristal putih. Bila murni, kamfor meleleh pada 175°C dan mendidih pada 204°C.
Kamfor digunakan sebagai obat (antispasmodik, stimulan, sedatif, dan antiseptik), bahan kosmetika dan industri selulosa (zat pemlastis untuk resin sinte­tik, lak). Kamfor juga digunakan sebagai bahan pen­campur etanol agar tak bisa diminum (didenaturasi- kan). Spiritus kamfor terdiri atas 10 bagian kamfor, 70 bagian etanol dan 20 bagian air dan digunakan seba­gai zat antiseptik lembut.
Minyak kamfor merupakan hasil sulingan-kukus daun-daun pohon kamfer. Minyak kayu kamfor yang disuling dari kayu kamfer mengandung kamfor dan beberapa zat sejenis.
Kata kamfor juga digunakan untuk menamai zat- zat padat mudah menguap yang diperoleh dari tum­buhan. Zat-zat ini merupakan turunan terpena dan me­nentukan bau tumbuhan itu. Misalnya kamfor, timol, dan mentol. Kapur barus atau kamfer adalah kamfor ter batu bara dengan rumus kimia Ci0H8 dan nama ki­mia naftalena. Kapur barus digunakan sebagai peno­lak serangga, khususnya ngengat.

PENGERTIAN KAMFOR | ok-review | 4.5