PENGERTIAN KAMADJAJA

By On Tuesday, April 8th, 2014 Categories : Budaya, Tokoh

PENGERTIAN KAMADJAJA – Aslinya Karkono Partokusumo, seorang budayawan, ketua javanologi, warta­wan, usahawan, dan juga politikus. Kamadjaja berpendidikan dasar Taman Guru Ta­man Siswa, Yogyakarta. Ia memulai kariernya seba­gai wartawan tengah bulanan Pustaka Timur yang di­terbitkan Kolff Buhning di Yogyakarta (1939-1940). Kemudian ia menerbitkan sendiri berita berkala Per­caturan Dunia dan Film di Jakarta sampai saat keda­tangan orang Jepang.
Semasa pendudukan Jepang Kamadjaja bekerja di Asia Raya selama beberapa bulan, dan selanjutnya le­bih aktif di bagian penerbitannya. Hasil terbitannya antara lain Almanak Asia Raya 2604. Untuk meme­nuhi desakan jiwa seninya, Kamadjaja mendirikan ke­lompok sandiwara profesional Tjahaja Timur bersa­ma Andjar Asmara. Kamadjaja bertindak sebagai penulis cerita. Beberapa kisah yang pernah dipentas­kan oleh kelompok ini antara lain Solo di Waktu Ma­lam, Kupu-kupu, Miss Neng, dan Sampek Engtay. Ki­sah Solo di Waktu Malam pernah diterbitkan oleh penerbit Gapura dan difilmkan.
Pada awal revolusi, Kamadjaja bersama Sjamsud- din Sutan Makmur menerbitkan surat kabar Rakjat di Jakarta. Tidak lama kemudian penerbitannya itu di­hentikan, karena mesin cetaknya diambil kembali oleh pemiliknya (Belanda). Kamadjaja kemudian pin­dah ke pedalaman dan bergiat dalam kepartaian (PNI) dan dalam bidang usaha. Bersama rekan separtai, an­tara lain Mukarto dan John Lie, ia menyelundupkan candu ke Singapura untuk membiayai perjuangan RI.
Kini (1989) Kamadjaja mengelola sebuah pener­bitan di Yogyakarta dan giat mentranskripsi Serat Centini, sebuah ensiklopedi kebudayaan Jawa.

PENGERTIAN KAMADJAJA | ok-review | 4.5