PENGERTIAN KALPATARU

By On Wednesday, April 9th, 2014 Categories : Antropologi, Ilmu Alam

PENGERTIAN KALPATARU – Salah satu dari lima pohon yang ter­dapat di taman surga Batara Indra. Kalpataru dilukis­kan sebagai pohon bertuah yang dapat memenuhi segala keinginan. Kalpataru disebut juga pohon hara­pan, pohon kemakmuran.

Dalam masa pemerintahan Presiden Soeharto, kal­pataru dilambangkan sebagai piala yang diberikan ke­pada mereka yang dipandang berjasa dalam menciptakan lingkungan hidup yang serasi, selaras dan seimbang dengan alam.

 
HADIAH KALPATARU – Penghargaan Lingkungan Hidup Nasional tertinggi, diberikan kepada masyara­kat yang berjasa dalam merintis, mengabdi, atau me­nyelamatkan lingkungan, baik di bidang kelautan, industri, pendidikan, maupun kelestarian alam. Ha­diah itu diberikan oleh Presiden Soeharto setiap ta­hun, sejak tahun 1980, untuk mendorong prakarsa dan keterlibatan masyarakat dalam memelihara keutuhan fungsi tatanan lingkungan. Sebagai lambang kehidup­an, pohon kalpataru dipilih karena memiliki sifat yang berdampak positif terhadap lingkungannya. Sifat itu antara lain, tegar, kokoh, dapat hidup di segala cuaca.

PENGERTIAN KALPATARU | ok-review | 4.5