PENGERTIAN KALKUTA

By On Tuesday, April 8th, 2014 Categories : Antropologi, Budaya

PENGERTIAN KALKUTA – Semula bernama Kalikata, adalah ibu kota negara bagian Bengali Barat, kota terbesar di In­dia, dan salah satu kota terbesar di dunia. Kota ini per­nah menjadi ibu kota India, sebelum digantikan New Delhi. Sekarang Kalkuta merupakan kota industri dan pelabuhan utama di India. Letaknya di tepi Sungai Hooghly, salah satu anak sungai Gangga, sekitar 112 kilometer di utara Teluk Benggala.
Kalkuta dibangun di atas dataran rendah berawa dengan ketinggian beberapa meter di atas permukaan laut. Suhu rata-rata tahunannya 25°C, dengan suhu maksimum 30°C di bulan Mei dan suhu minimum 18°C di bulan Januari. Curah hujannya 1.500—2.500 milimeter per tahun, dengan curah hujan terbanyak pada bulan Juli.
Pusat kota adalah Fort William, yang dibangun Inggris pada pertengahan abad ke-18, dan Maidan, se­buah taman luas dengan panjang 3 kilometer dan lebar 5 kilometer. Di tenggara Maidan terdapat Victorial Memorial; di utaranya terdapat gedung-gedung peme­rintahan dan perkantoran, tempat-tempat ibadah, ru­mah sakit, perguruan tinggi; di bagian timur terdapat pertokoan, hotel, gedung kesenian, dan museum; dan di barat, di sepanjang Sungai Hooghly, merupakan pergudangan dan dok-dok. Salah satu perguruan ting­gi terbesar di India, University of Calcutta, dibangun di kota ini. Kalkuta juga terkenal karena kuil-kuilnya, di antaranya Kali Ghat, sehingga sering dijadikan tempat berziarah.

PENGERTIAN KALKUTA | ok-review | 4.5