PENGERTIAN KALKUN

By On Tuesday, April 8th, 2014 Categories : Ilmu Alam

PENGERTIAN KALKUN – Suatu kelompok burung yang berkerabat dekat dengan ayam-ayaman. Burung ini dibudidaya­kan oleh orang Meksiko sehingga menjadi hewan pe­liharaan. Kalkun tersebar di Benua Amerika bagian timur dan tengah sampai Guatemala.
Kalkun mempunyai badan lebih besar daripada ayam ras. Panjang tubuhnya 0,9—1,2 meter. Kepala dan lehernya telanjang, tanpa bulu, serta bergelambir. Bentak lehernya panjang. Bulu sayap dan ekornya membulat dengan warna yang terdiri atas hitam, abu- abu, dan putih. Bulu ekornya tidak melengkung. Kal­kun mempunyai kaki yang kuat sehingga dapat berlari cepat. Di antara jari kakinya ada selaput yang rudi- menter. Kalkun jantan bertaji.
Kalkun jantan mempunyai cara yang unik ketika menarik perhatian pasangannya: gelambir yang tum­buh di antara kepala dan leher digerak-ger Jcan oleh kepalanya sehingga selalu berubah-ubah bentuknya, kadang-kadang gelambir itu mengecil, dan setelah itu menggelantung. Perubahan bentuk gelambir dan ge­rakan kepala inilah yang menjadi daya tarik lawan jenisnya.
Kalkun dapaj terbang dalam jarak pendek dan bertengger di atas pohon. Burung ini hidup berke­liaran dan membuat sarang di atas tanah. Di dalam sarangnya, binatang ini bertelur 8—18 butir. Pengeraman telur dalam sarang dilakukan kalkun betina. Kalkun termasuk burung poligami.
 

PENGERTIAN KALKUN | ok-review | 4.5