PENGERTIAN KALIFORNIA

By On Monday, April 7th, 2014 Categories : Antropologi, Budaya

PENGERTIAN KALIFORNIA – Salah satu negara bagian Amerika Serikat yang terletak di wilayah ekstrim di Lautan Pa­sifik. Ibu kotanya Sacramento. Luasnya 411.013 kilo­meter persegi. Negara bagian itu sering disebut “Negara Bagian Emas” (Golden State) karena ditemu­kannya emas di wilayah itu pada tahun 1848. Pene­muan itu menyebabkan terjadinya demam emas di kalangan pelaut sampai ke luar wilayah Amerika, bahkan sampai ke Eropa. Mereka berlomba-lomba mencari emas di wilayah itu, walaupun kini diketahui bahwa wilayah pegunungan dan pantai-pantai di {Ca­lifornia lebih banyak mengandung mineral diban­dingkan emas.
Di utara, Kalifornia berbatasan dengan Oregon; di timur dengan Nevada dan Arizona; dan di selatan de­ngan Baja Kalifornia Norte dari Negara Meksiko. Ka­rena iklimnya yang hangat dan alamnya yang indah, Kalifornia populer di kalangan turis. Jumlah pendu­duk dan pendapatan per kapitanya menempati urutan tertinggi dibandingkan negara bagian Amerika Seri­kat lainnya.
Sejarah.
Seperti suku bangsa Indian yang tinggal di beiahan bumi barat lainnya, penduduk asli Kalifor­nia diduga berasal dari Asia pada akhir jaman Es, se­kitar 15.000—30.000 tahun yang lalu. Diperkirakan sepertiga suku bangsa Indian Kalifornia berasal dari Amerika Utara. Mereka menyebar di seluruh wilayah Kalifornia dan umumnya bermatapencaharian seba­gai pengumpul makanan dan pemburu.
Wilayah ini ditemukan pertama kali oleh oleh pe­laut Spanyol, Cabrillo, tahun 1542. Penemuan itu ke­mudian diikuti dengan penyebaran agama Katolik oleh Junipero Serra di San Diego pada tahun 1769.
Ketika Meksiko berhasil melepaskan diri dari Spa­nyol (1821), para penyebar agama itu ditarik untuk terjun ke bidang politik oleh pemerintah.
Pada tahun 1841 sekelompok pendatang dari Mis­souri untuk pertama kali bermukim di Kalifornia. Li­ma tahun kemudian, para pemukim Amerika dari Sonoma mengambil alih kekuasaan dan dan mempro­klamasikan kemerdekaan Republik Kalifornia. Pada akhir Perang Meksiko (1848), wilayah Kalifornia di­serahkan ke Amerika Serikat. Kalifornia secara resmi menjadi negara bagian ke-31 Amerika Serikat pada tahun 1850.

PENGERTIAN KALIFORNIA | ok-review | 4.5