PENGERTIAN KALENG

By On Monday, April 7th, 2014 Categories : Teknologi

PENGERTIAN KALENG – Adalah lembaran baja yang disalut timah. Namun kata ini lebih sering digunakan untuk wadah yang terbuat dari baja bersalutkan timah, digunakan untuk mengemas berbagai makanan maupun produk lain. Dinding-dalam kaleng makanan kadang-kadang disalut lagi dengan email, terutama apabila makanan yang dikemasnya itu bersifat asam, atau peka terha­dap timah maupun besi. Kata kaleng oleh awam diar­tikan sebagai wadah yang terbuat dari logam, sehingga tercakup di sini wadah aluminium. Kata Ing­gris canned food sering kita terjemahkan sebagai ma­kanan kaleng, meskipun dalam pengertian canned ini bisa digunakan wadah yang terbuat dari kaca, plastik, dan aluminium.
Kebanyakan makanan dan minuman kaleng me­mang menggunakan lembaran baja bersalutkan timah sebagai wadahnya. Timah relatif tidak bersifat racun, dan salutan ini tampak menarik karena berkilat dan tahan terhadap karat. Cara penyalutan bermacam-ma­cam: penyalutan secara listrik (timah diendapkan de­ngan cara elektrolisis), pencelupan lembar baja ke dalam timah cair, pencelupan ke dalam larutan garam timah (garam stanat-asetat; timah yang dibentuk kare­na reduksi stanat oleh besi akan menempel pada per­mukaan lempeng baja itu).
Dulu kaleng ditutup dengan mematri satu demi sa­tu, sekarang penyegelan dilakukan dengan mesin. Da­lam tahun 1963 dipatenkan kaleng dengan tutup yang dapat dibuka dengan menarik bagian yang menonjol. Kaleng yang diproduksikan setelah sekitar tahun 1960 lebih tipis dan ringan, dan umumnya dibuat dari aluminium.

PENGERTIAN KALENG | ok-review | 4.5