PENGERTIAN KALA-AZAR

By On Sunday, April 6th, 2014 Categories : Kesehatan

PENGERTIAN KALA-AZAR – Suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit Leishmania donovani. Penyakit ini mu­dah mengenai anak. Parasit yang berupa protozoa ini ditularkan melalui jenis lalat yang banyak adanya di India, Rusia, Cina, Asia Tengah, Afrika, dan Amerika Selatan. Protozoa yang masuk ke peredaran darah me­nuju ke kelenjar getah bening di berbagai bagian tu­buh dan menimbulkan reaksi peradangan.
Masa inkubasi dapat berlangsung dari beberapa minggu sampai beberapa bulan. Setelah masa ini ter­lewati, timbul gejala demam yang hilang-timbul tak teratur. Hati dan limpa cepat membesar, namun tidak nyeri. Sering terjadi pigmentasi pada kulit tangan dan kaki penderita yang berkulit warna terang.
Tindakan pencegahannya ialah membasmi lalat penyebar penyakit atau menghindari kontak dengan lalat tersebut. Bila penyakit ini tidak diobati, kemung­kinan kematian penderita mencapai 90 persen, se­dangkan pada penderita yang diobati, kemungkinan itu di bawah 10 persen. Dengan pengobatan, penyakit kala-azar dapat disembuhkan, namun kadang-kadang kambuh lagi.

PENGERTIAN KALA-AZAR | ok-review | 4.5