PENGERTIAN KAKEAN

By On Sunday, April 6th, 2014 Categories : Budaya

PENGERTIAN KAKEAN – Suatu organisasi berdasarkan adat atau budaya penduduk asli Pulau Seram, khususnya Seram Barat. Di samping kakean, ada pula organisasi adai lainnya, yang disebut saniri. Kedua jenis organisasi ini saling terkait dalam kehidupan masyarakat Seram. Organisasi kakean yang sifatnya abstrak itu diwujud­kan dalam aktivitas-aktivitas tertentu, misalnya dalam rangka upacara inisiasi, meresmikan anak laki-laki yang akan diakui statusnya sebagai orang dewasa da­lam lingkungan masyarakatnya. Sebaliknya, organi­sasi adat saniri diwujudkan dalam rapat-rapat atau peralatan-peralatan yang bersifat sosial.
J.P. Duyvendak pernah melakukan penelitian mengenai organisasi adat orang Seram ini. Menurut dia, dalam alam pikiran orang Seram yang terdiri atas masyarakat rumpun yang majemuk itu, terwujud sua­tu kesadaran tentang adanya dua perserikatan yang abstrak. Perserikatan yang dimaksud adalah patasiwa dan patalima. Karena adanya dua perserikatan inilah terwujud kegiatan organisasi kakean dan saniri. Ke­dua organisasi dan kedua perserikatan itu merupakan penjelmaan struktur sosial masyarakat Seram.
Kedua perserikatan dalam masyarakat Seram itu berada dalam suatu hubungan bersaingan menurut adat. Kedua bagian masyarakat itu bersifat eksogami dalam adat perkawinan. Pembagian menjadi dua itu pun menjadi dasar bagi sistem klasifikasi untuk meng­golongkan berbagai pengertian dalam alam ini. Pem­bagian ini berkaitan dengan aspek sosial dan aspek keagamaan, yang diwujudkan dalam pertemuan-per­temuan kakean dan saniri.

PENGERTIAN KAKEAN | ok-review | 4.5