PENGERTIAN JEMBATAN MILITER

By On Saturday, April 5th, 2014 Categories : Teknologi

PENGERTIAN JEMBATAN MILITER – Suatu jenis jembatan sederhana yang didesain untuk keperluan operasi militer. Jembatan ini harus siap dalam bagian-bagian kecil agar dapat diangkut secara cepat setiap saat. Jembatan militer harus dapat didirikan secara mudah dan ce­pat, dan ketika harus dipindahkan tidak perlu dirakit lagi.
Salah satu jembatan militer yang paling sering di­gunakan, terutama untuk operasi penyerangan, ialah jembatan ponton. Jembatan ponton militer dipakai pertama kali oleh Raja Persia, Cyrus Agung, pada ta­hui. 537 SM di Mesopotamia. Selanjutnya jembatan ponton berperanan penting dalam operasi militer raja- raja Persia, Darius dan Xerxes pada abad ke 5 SM. Aleksander Agung, Hanibal, dan Julius Caesar juga menggunakan jembatan ponton untuk kegunaan mi­liter.
Pada jembatan ponton, beban yang dapat diterima secara aman dibatasi oleh kekuatan bahan yang di­pasang di atas ponton sebagai gelagar yang berfungsi sebagai jalan. Titik-titik terlemah adalah sambungan gelagar di antara ponton-ponton yang berdekatan, jug i kabel yang mengikat ponton-ponton. Jika beban terlalu berat, tali akan terputus dan lantai jembatan patah sehingga ponton-ponton dapat terpisah. Pada awalnya papan-papan kayu digunakan sebagai badan jembatan. Tetapi dalam operasi militer saat ini, be­ratnya peralatan yang harus diseberangkan menuntut penggunaan logam sebagai badan jalan.
Jembatan militer yang populer pula adalah jem­batan baja yang dikembangkan oleh Sir Donald Bai­ley, dan sudah digunakan secara luas sejak Perang Du­nia II. Jembatan ini dirakit dari rangka baja dengan baut atau keling, yang dapat dirakit dengan berbagai cara. Jembatan yang kemudian populer dengan nama Jembatan Bailey ini mampu membentang sepanjang 67 meter dan menerima beban hingga 100 ton.
Setelah Perang Dunia II, Angkatan Darat Amerika Serikat mengembangkan jembatan jenis lipat yang diangkut di atas kendaraan lapis baja. Jembatan ini berengsel di bagian tengah dan dapat diangkut dalam keadaan terlipat. Jembatan ini dapat dibuka ke po­sisi horizontal dan dibentangkan sepanjang 16 meter.
Pada tahun 1987 Jerman Barat memperkenalkan jembatan militer model lipat yang mampu memben­tang sepanjang 26 meter. Jembatan ini dapat dilipat menjadi dua bagian, masing-masing sepanjang 13 me­ter. Jembatan yang terbuat dari lakur aluminium ini diangkut oleh kendaraan berpenggerak delapan roda (8 x 8). Jembatan ini dapat dipasang dan siap dipa­kai dalam waktu kurang dari delapan menit.

PENGERTIAN JEMBATAN MILITER | ok-review | 4.5