PENGERTIAN JEMBATAN BERGERAK

By On Saturday, April 5th, 2014 Categories : Teknologi

PENGERTIAN JEMBATAN BERGERAK – Suatu konstruksi jem­batan sungai yang dapat digerakkan ke arah tertentu untuk memberi jalan bagi lewatnya kapal atau perahu besar. Jembatan ini dibuat bila tidak mungkin diba­ngun jembatan permanen yang cukup lebar dan cu­kup tinggi bagi lewatnya kapal-kapal di bawahnya. Jenis ini terutama digunakan di kota besar, tempat lalu lintas jalan dan lalu lintas air cukup padat. Te­tapi jembatan permanen biasanya lebih disukai karena memungkinkan lalu lintas mengalir tanpa terganggu. Karena ketidakpraktisan struktur yang diperlukan bagi pembuatannya, jembatan bergerak biasanya kurang megah dalam penampilannya bila dibandingkan de­ngan jembatan permanen.
Ada tiga jenis jembatan bergerak, yaitu jenis jung- kitan (bascule), putar, dan naik vertikal. Jembatan jungkitan sudah digunakan sejak Abad Peilengahan di Eropa. Umumnya jembatan ini dipakai pada kastil untuk memutus jembatan menjadi dua, sedangkan bagian yang terangkat berfungsi sebagai pintu gerbang agar musuh tidak dapat masuk karena terhalang su­ngai. Sketsa jembatan jungkitan ditemukan dalam ca­tatan Leonardo da Vinci yang dibuat pada permulaan tahun 1500-an. Jembatan ini terdiri atas dua gelagar, kanan dan kiri, yang terputus di tengah dan merupa­kan konstruksi kantilever. Ujung gelagar pada kedua bagian pangkal jembatan dilengkapi engsel yang da­pat memutar gelagar ke atas sehingga sungai menjadi bebas.
Jembatan putar memiliki sumbu putar di tengah- tengah sungai yang dapat digunakan untuk memutar lantai jembatan 90 derajat, sehingga sungai terbagi menjadi dua jalur, kanan dan kiri, tempat kapal-kapal lewat. Jembatan ini hanya bertumpu pada satu pe­nyangga di tengah sungai ketika diputar, karena itu pondasi dan dermaga untuk tumpuan harus cukup kuat dan stabil.
Jembatan naik vertikal harus memiliki dua menara yang cukup tinggi, masing-masing di tepi sungai. Se­buah gelagar sederhana yang dapat digerakkan naik dan turun dipasang di antara kedua menara sungai. Harga pembuatan jembatan jenis ini paling nsurah di­bandingkan dengan jembatan bergerak jenis lain. De­ngan menggunakan tenaga listrik atau peralatan me­kanik, gelagar dapat dinaikkan dengan kecepatan ihingga 15 meter per menit. Tetapi jembatan ini tidak Zr dapat dibuka penuh seperti jembatan jungkitan ka­rena menaranya memiliki ketinggian yang terbatas.
Jembatan Ampera yang melintasi Sungai Musi di Pa­lembang adalah salah satu jenis jembatan bergerak jenis naik vertikal yang ada di Indonesia.

PENGERTIAN JEMBATAN BERGERAK | ok-review | 4.5