PENGERTIAN JELER KLEON

By On Saturday, April 5th, 2014 Categories : Ilmu Alam

PENGERTIAN JELER KLEON – Suatu jenis ikan kecil. Tubuhnya berbentuk memanjang, langsing, dan sangat luwes da­lam gerakan-gerakannya. Warna dasar tubuhnya co­kelat agak muda dengan 10—20 jalur melintang ke­hitaman. Bagian perutnya berwarna pucat. Warna dasar sirip-siripnya kekuningan. Pangkal sirip ekor­nya berwarna hitam. Sirip punggung dilengkapi de­ngan bintik-bintik hitam yang makin ke belakang ma­kin kecil. Ada dua pasang sungut di sekitar mulut. Sungut sebelah dalam lebih pendek daripada sungut luar. Panjang tubuhnya mencapai 10 sentimeter.
Di alam, jeler kleon hidup di sungai-sungai kecil beraliran deras dan jernih dengan dasar perairan be­rupa kerikil atau batu. Ikan ini mencari makanan dengan cara menyungkur-nyungkur dasar perairan. Makanannya berupa cacing atau binatang-binatang lainnya. Proses pemijahannya di alam atau dalam pe­meliharaan belum diketahui. Pengadaan umumnya mai h di ambil dari alam.
Jeler kleon ini selalu memilih dan mempertahan­kan daerah tempat tinggalnya. Oleh karena itu, da­lam pemeliharaan sebaiknya ikan ini tidak dicampur dengan ikan dasar jenis lain. Penyebaran alami ikan ini meliputi Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.

PENGERTIAN JELER KLEON | ok-review | 4.5