PENGERTIAN JELAWAT

By On Saturday, April 5th, 2014 Categories : Ilmu Alam

PENGERTIAN JELAWAT – Suatu jenis ikan air tawar bersisik yang kepalanya lebar ke samping dan pipih. Pada rongga mulut terdapat tiga baris gigi berbentuk sendok. Empat pasang sungut terdapat di sekitar mulut. Tu­buh ikan ini memanjang dan perutnya membulat. Si­siknya berukuran sedang. Sirip punggungnya pendek. Sirip dubur sangat pendek.
Jelawat Lemak
Berwarna hijau terang pada se­tengah tubuh bagian atas dan putih pada bagian ba­wah. Pada ikan muda dijumpai sebuah pita meman­jang dari kepala ke arah pangkal ekor. Garis ini akan memudar ketika ikan tumbuh membesar. Sirip dada­nya jernih. Sirip perut dan sirip duburnya berwarna merah. Pangkal sirip ekor berwarna hijau, sedangkan ujungnya berwarna merah. Panjang tubuh ikan ini mencapai 41 sentimeter. Jelawat lemak lebih suka hidup di sungai besar, te­tapi dapat juga ditemui di anak-anak sungai besar. Di Malaysia dan Kalimantan ikan ini termasuk salah satu ikan termahal, karena rasanya lezat. Pemancing ikan di Muangthai menggunakan campuran adonan udang, daun-daun muda, dan tepung sebagai umpan untuk memancing jelawat lemak. Ikan ini pemakan segala; di dalam perutnya di­jumpai udang, larva serangga, dan sisa bagian-bagian daun. Daerah penyebaran ikan ini terbatas, yaitu di Muangthai, Sumatra, dan Kalimantan.
Jelawat Bundung
Bertubuh lebar. Sisik pada pang­kal ekornya berjumlah 15, delapan di antaranya di atas garis rusuk. Sirip perut, dada, dan punggung hampir hitam semuanya. Pada tepi atas dan bawah sirip ekor dijumpai pita hitam mendatar. Sebuah pita hitam juga dijumpai pada sirip dubur. Jelawat bundung hanya diju ipai di Pulau Kalimantan saja. Panjang tubuhnya mencapai 24,2 sentimeter.

PENGERTIAN JELAWAT | ok-review | 4.5