PENGERTIAN JEANS

By On Saturday, April 5th, 2014 Categories : Budaya, Teknologi

PENGERTIAN JEANS – Adalah celana panjang dari bahan de­nim yang diciptakan pertama kali oleh Levi Strauss, imigran Jerman di Amerika Serikat, pada tahun 1950. Seb lumnya ia mencoba menjual tenda dari bahan kanvas kepada para penggali tambang emas di Kali­fornia Utara. Usaha ini gagal. Levi kemudian mem­buat celana panjang dari kanvas. Karena tak mudah rusak, bahan ini cocok untuk kerja berat di pertam­bangan emas. Usaha itu berhasil. Bahan jeans itu ke­mudian diganti dengan bahan Serge de Nimes, yang berasal dari kota Nimes, Perancis. Bahan itu kemudian lebih dikenal sebagai denim, yang ternyata lebih baik dibanding kanvas.
Selama tahun 1850 – 1860, Levi berusaha menyempurnakan penemuannya. Ia mencelupnya dalam warna biru indigo, sebagai ciri khas celana buatannya, Untuk menjaga agar sisi saku tak mudah rusak akibat gesekan dengan biji emas, Levi memasang kelim paku tembaga di ujung-ujung saku. Pada tahun 1837, kelim paku itu terpaksa disembunyikan di balik saku belakang, karena banyak bangku sekolah dan pelana kuda yang rusak tergores paku itu. Bila dulu bahan denim ini lusuh karena terpakai, kini sebagai mode, bahan tersebut sengaja dibuat membuat kesan lusuh, dengan warna biru yang pudar.
Jeans di Indonesia.
Di Indonesia, jeans digemari kaum muda. Celana itu diproduksi di Probolinggo, 1 Bogor, Bekasi, Solo, Jakarta, dan Bandung. Menurut Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), denim meru­pakan satu dari tiga tekstil Indonesia yang sangat kompetitif di pasaran internasional. Seandainya ekspor denim Indonesia tak dibatasi kuota, Indonesia da­pat menguasai pasaran denim dunia. Di Masyarakat Ekonomi Eropa sendiri, Indonesia merupakan peme­gang kuota terbesar dan eksportir terbesar. Menurut data tahun 1987, Indonesia mengekspor ke MEE 6.896 ton denim, dan ini lebih besar dibandingkan dengan Turki (1.613 ton), Makao (1.153 ton), dan Hong Kong (5.554 ton).

PENGERTIAN JEANS | ok-review | 4.5