PENGERTIAN JAZIRAH

By On Saturday, April 5th, 2014 Categories : Antropologi, Budaya

PENGERTIAN JAZIRAH – Atau semenanjung, adalah bagian da­ratan yang menjorok masuk laut dan hampir seluruh­nya dikitari laut. Beberapa jazirah menyempit di bagi­an tengahnya. Persempitan itu lazim disebut istmus atau tanah genting. Contohnya, Jazirah Malaka di­hubungkan dengan daratan Asia oleh Tanah Genting Kra.
Ada beberapa jazirah yang terkenal. Jazirah Arab merupakan yang terbesar di dunia dengan luas 2.600.000 kilometer persegi. Bandingkan dengan luas Indonesia yang hanya 1.904.344 kilometer persegi.
Semenanjung Melayu didiami suku bangsa Melayu, yaitu suku bangsa yang sama dengan sebagian besar penduduk Indonesia. Di semenanjung ini berdiri ne­gara Malaysia. Jazirah Krim menjadi terkenal karena Perang Krim (1853-1856) antara Rusia dan Turki yang dibantu Ing­gris, Spanyol, dan Portugal. Jazirah ini dihubungkan dengan daratan Asia oleh Tanah Genting Perekop.
Jazirah Italia menjadi pusat kebudayaan Romawi, pusat perkembangan Renaisans, dan pusat Gereja Ka­tolik. Seluruh semenanjung ini bersama beberapa pu­lau kecil membentuk negara Italia, yang termasuk satu dari tujuh negara industri terkemuka di dunia.
Jazirah Balkan terkenal karena Perang Balkan dan pergolakan berbagai kelompok etnis yang pada giliran­nya melahirkan beberapa negara merdeka.
Semenanjung Kalifornia adalah sebuah jazirah pan­jang di pantai barat Meksiko. Karena panjangnya pada semenjanjung ini terdapat sejumlah tanjung se­perti Tanjung Colnett, San Quintin, San Lazaro,°San Lucas.

PENGERTIAN JAZIRAH | ok-review | 4.5