PENGERTIAN JAMBAL

By On Thursday, April 3rd, 2014 Categories : Antropologi

PENGERTIAN JAMBAL  – Suatu jenis ikan air tawar bernilai eko­nomi penting. Tubuhnya pipih memanjang dan tidak bersisik. Mulut ikan ini agak kecil, berbentuk huruf V. Ikan ini mempunyai dua sungut pada rahang atas­nya, di bawah sudut mulut, dan dua sungut pada ra­hang bawah. Sirip punggung keduanya kecil dan ter­letak jauh di belakang.
Jambal Rangu ialah jambal yang punggungnya ber­warna hijau abu-abu terang, kepala sebelah atasnya hijau terang, sedangkan bagian perutnya putih ber­cahaya. Moncongnya membulat. Sungut pada rahang atasnya mencapai pangkal sirip dada. Gigi-gigi ikan ini terletak pada rahang seperti beledu, sedangkan gigi pada langit-langit dan mata tulang bajak terletak pada dua alur. Sirip punggung dan duburnya berwarna me­rah muda jernih, sirip ekor sebagian besar merah mu­da, sedangkan sirip dada dan perutnya jernih. Sirip punggung keduanya berwarna hijau dengan tepi pu­tih. Sirip punggung dilengkapi satu duri panjang.
Panjang jambal rangu dapat mencapai 1,22 meter. Dari analisis isi perutnya ditemukan sisa-sisa materi organik dan bagian tubuh ikan-ikan kecil. Penyebar­annya meliputi sungai-sungai di India, Bangladesh, Burma, Indonesia (Jawa), dan Muangthai.
Jambal Wagal berpunggung hampir lurus. Warna­nya kebiruan, sedangkan perutnya keputih-putihan. Sungut rahang atasnya tersembunyi pada satu celah, sungut rahang bawahnya mengecil dan terletak di tengah dagunya. Sirip-siripnya berwarna ke­kuningan.
Panjang tubuh jambal wagal mencapai lebih dari 50 sentimeter. Makanannya berupa bangkai, sampah, kotoran, dan ikan-ikan kecil. Penyebarannya meliputi Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Muangthai. Daging ikan ini sangat lezat.
Klasifikasi Ilmiah. Jambal termasuk suku Pangasidae; nama ilmiah jambal rangu Pangasius pangasius dan jambal wagal

PENGERTIAN JAMBAL | ok-review | 4.5