PENGERTIAN JALANIDHI PUJA

By On Thursday, April 3rd, 2014 Categories : Antropologi

PENGERTIAN JALANIDHI PUJA – Suatu rangkaian upacara agama Hindu menyambut datangnya hari raya Nyepi, tahun baru Saka yang jatuh pada awal musim semi, di kala bulan mati (tilem) pada bulan Maret tiap tahunnya.
Upacara Jalanidhi Puja diawali dengan pengambil­an air jernih dari sumber di tengah hutan Sumur Pitu sehari sebelum pelaksanaan upacara. Selama semalam suntuk air itu disucikan di Pura Tanah Lot, Pulau Ismaya dan Pulau Anoman, Pantai Balekembang, 57 kilometer sebelah selatan kota Malang, Jawa Timur.
Selanjutnya air suci (tirtha) dari Pulau Ismaya di­bawa ke daratan untuk dipercikkan kepada umat yang datang melakukan sembahyang. Pemercikan air suci ini diawali dengan iringan tabuh dan tari upacara. Rangkaian upacara Jalanidhi Puja ini dimeriahkan dengan melabuhkan jolan (usungan sesaji) secara bersama-sama ke tengah lautan. Hal ini sama dengan Melasti atau Mekiis di Bali. Jolan ini berbentuk joglo berisi berbagai makanan dan buah-buahan yang di­hiasi bunga warna-warni. Jolan-jolan ini akan hanyut ditelan ombak.
 

PENGERTIAN JALANIDHI PUJA | ok-review | 4.5