PENGERTIAN JALAN MULIA BERJALUR DELAPAN

By On Thursday, April 3rd, 2014 Categories : Review

PENGERTIAN JALAN MULIA BERJALUR DELAPAN
Rincian dari Kebenaran Keempat dalam Empat Kebenaran MujS yang membawa ke penghapusan penderitaan, seperti yang diajarkan Budha. Delapan jalur ini dikelompok kan dalam tiga kelompok, yaitu kebijaksanaan , moralitas , dan konsentrasi. lompok kebijaksanaan terdiri atas pandangan benar dan pikiran benar; kelompok moralitas terdiri atas ucapan benar, perbuatan benar, dan mata pencaharian benar, sedangkan kelompok konsentrasi terdiri atas daya-upaya benar, perhatian benar, dan konsentrasi benar.
Pandangan benar adalah pengertian benar tentang Empat Kebenaran Mulia: kesemestaan penderitaan sebab musababnya, penghentiannya, dan jalan menuju penghentiannya. Pikiran benar berkait dengan pikiran bebas dari nafsu jasmani, nafsu jahat, dan kebencian. Ucapan benar adalah ucapan yang bebas dari kebohongan, omong kosong, kata-kata kasar, dan pembicaraan yang dungu. Perbuatan benar bertalian dengan menghindari pembunuhan, pencurian, dan tin­dakan asusila. Menghindari nafkah yang berasal dari hal yang membawa petaka bagi makhluk lain tergo­long pada mata pencaharian benar. Misalnya, meng­hindari perdagangan senjata, makhluk hidup, minum­an yang memabukkan atau bersifat meracuni, penipu­an, penujuman. Upaya untuk menghindari atau meng­halau hal yang tidak baik bersamaan dengan mengem­bangkan dan memelihara yang baik adalah bagian dari daya-upaya benar. Selanjutnya, perhatian benar ber­hubungan dengan pembinaan perhatian atau kesadar­an sewaktu merenungkan tubuh jasmani, perasaan, pikiran, dan bentuk mental. Perhatian terpusat atau konsentrasi disertai kesadaran yang baik merupakan bagian konsentrasi benar. Jalur ini membimbing se­seorang menuju tercapainya keadaan penunggalan pikiran.
Berkaitan dengan jalan yang banyak jalurnya ini, jalur yang disenarai terlebih dahulu tidak harus di­jalani secara penuh sebelum orang pindah ke jalur berikutnya. Walaupun supaya aman dan orang tidak mudah goyah lebih baik bila muncul lebih dahulu pan­dangan benar, yang diawali oleh keyakinan dan penge­tahuan, kemudian berkembang menuju pandangan te­rang (vipassana). Namun dalam praktiknya, jalur mo­ralitas menjadi awal perkembangan dan disusul jalur kelompok konsentrasi dan kebijaksanaan. Di samping itu, jalur-jalur tersebut pada umumnya dapat mun­cul bersamaan, meskipun tidak seluruhnya, karena merupakan bagian tak terpisahkan dari batin yang satu pada tingkat kesadaran yang sama.

PENGERTIAN JALAN MULIA BERJALUR DELAPAN | ok-review | 4.5