PENGERTIAN INVESTASI TETAP

By On Tuesday, December 10th, 2013 Categories : Ekonomi

FIXED INVESTMENT / INVESTASI TETAP adalah setiap INVESTASI (INVESTMENT) yang ada baik berupa bangunan pabrik, mesin, peralatan dan BARANG-BARANG MODAL (CAPITAL GOODS) lainnya yang tahan lama. Investasi tetap dalam penyediaan produk sosial seperti jalan raya, rumah sakit, dan sekolah ditangani oleh pemerintah pusat dan daerah sebagai bagian dari pengeluaran pemerintah. Investasi tetap seperti bangunan pabrik, peralatan, dan mesin pada sektor swasta akan dipengaruhi oleh penghasilan yang diharapkan dari investasi tersebut dan biaya dari modal yang diperlukan untuk membiayai investasi yang direncanakan.
Investasi adalah komponen dari PERMINTAAN AGREGAT (AGGREGATE DEMAND) yang mempunyai pengaruh pada aktivitas ekonomi jangka pendek, sementara investasi tetap memberikan penambahan pada INFRASTRUKTUR (INFRASTRUCTURE) ekonomi dan menaikkan PRODUK NASIONAL BRUTO POTENSIAL (POTENTIAL GROSS NATIONAL PRODUCT) dalam jangka panjang.
Dalam jangka pendek hasil yang diharapkan dari suatu investasi dalam pabrik akan tergantung pada keyakinan usaha akan prospek penjualan dan pemanfaatan pabrik. Ketidakpastian dari HARAPAN (EXPECTATIONS) usaha berarti bahwa tingkat investasi yang direncanakan dapat berubah secara nyata dari waktu ke waktu, dan mengakibatkan perubahan yang besar dalam permintaan barang modal (lihat ACCELERATOR) , yaitu fluktuasi yang besar dalam komponen investasi dari permintaan agregat akan meng-akibatkan fluktuasi yang semakin besar dalam output dan tenaga kerja melalui efek PENGGANDA (MULTIPLIER). Lihat BUSINESS CYCLE, INVENTORY INVESTMENT, MARGINAL EFFICENCY OF CAPITAL/ INVESTMENT.

PENGERTIAN INVESTASI TETAP | ok-review | 4.5