PENGERTIAN INDOCINA

By On Monday, March 31st, 2014 Categories : Antropologi

PENGERTIAN INDOCINA – Daerah bekas jajahan Perancis yang me­liputi negara Kambodia, Laos, dan Vietnam. Letak­nya di separo bagian timur semenanjung yang men­jorok dari dataran Asia Tenggara ke Laut Cina Selat­an. Di utara, wilayah ini berbatasan dengan RRC; di timur dengan Laut Cina Selatan; dan di barat dengan Thailand. Istilah Indocina diambil berdasarkan ke­nyataan adanya perpaduan pengaruh kebudayaan Cina dan India di wilayah itu.
Penduduk Indocina umumnya berasal dari suatu daerah di Asia Tengah dan Cina Selatan. Sebagian ke­cil lagi berasal dari pulau-pulau yang kini termasuk dalam wilayah Indonesia. Mereka inilah yang ke­mudian dianggap sebagai nenek moyang bangsa Kam­bodia sekarang.
Sebagian besar wilayah Indocina pernah dikuasai bangsa Khmer sekitar tahun 800 sampai tahun 1400- an. Sisanya, yang semula diduduki bangsa Vietnam, kemudian diambil alih Cina. Tetapi bangsa Vietnam akhirnya berhasil melepaskan diri dari pengaruh Cina,
Pada tahun 1300-an Khmer mulai kehilangan ke­kuasaannya. Tahun 1353 berdiri Kerajaan Lan Xang di bawah pimpinan Fa Ngoun di wilayah yang se­karang menjadi Laos. Tetapi pada sekitar tahun 1700 wilayah itu terpecah menjadi Champasak, Vientiane, dan Luang Prabang. Setelah berkali-kali wilayah itu menjadi rebutan, muncul dinasti baru yang me­nguasai wilayah pantai timur Indocina, dan memben­tuk Kerajaan Vietnam.
Dengan kedatangan para misionaris Perancis ke wi­layah Vietnam, timbullah pengaruh Perancis di sana. Perancis kemudian memaksa bangsa Vietnam untuk menyerahkan sebagian dari Kokin Cina (Vietnam Selatan) kepadanya. Melalui persetujuan antara tahun 1874 dan tahun 1884, Perancis membentuk beberapa negara protektorat di Tonkin (Vietnam Utara) dan Annam (Vietnam tengah).
Kokin Cina kemudian menjadi koloni Perancis. Sementara itu pada tahun 1863 Perancis kembali me­nguasai wilayah yang sekarang menjadi Kambodia dan menjadikannya negara protektorat. Pada tahun 1893 Luang Prabang dikuasai Perancis dan pada tahun 1917 dijadikan negara protektorat. Terakhir, Cham­pasak dan Vientiane dijadikan wilayah koloni.
Pada awal Perang Dunia II, situasi di Indocina mengalami perubahan besar. Perancis menyerah ke­pada Jerman. Memanfaatkan kelemahan Perancis, Jepang berusaha merebut Indocina dan menjadikan pihak penguasa Perancis sebagai pemimpin boneka disana. Tahun 1945, mereka menginternir para penguasa Perancis.
Selama perang berlangsung, Kambodia dan Luang Prabang menyatakan kemerdekaan mereka. Tetapi se­telah Jepang menyerah, Perancis kembali menancap­kan kekuasaannya di sana. Laos, yang baru memben­tuk pemerintahan sendiri, dan Kambodia dijadikan anggota Uni Perancis. Namun segera terbentuk peme­rintahan lain di Indocina. Negara itu disebut Republik Demokratik Vietnam yang dipimpin seorang veteran komunis, Ho Chi Minh, yang kemudian menjadi pe­mimpin Liga Revolusioner untuk Kemerdekaan Viet­nam (Vietminh). Para pemimpin Perancis dan Viet- minh berusaha mengatasi perbedaan-perbedaan yang timbul di antara mereka, tetapi gagal. Akhirnya, pada tahun 1946, pecah perang di antara mereka. Perancis dipukul sehingga terdesak. Berdasarkan kon­ferensi Jenewa tahun 1954, diadakan gencatan sen­jata. Di dalam persetujuan itu dinyatakan bahwa pihak komunis berwewenang atas wilayah Vietnam Utara sementara Perancis memerdekakan Vietnam Selatan, Kambodia, dan Laos. Bersamaan dengan itu berakhirlah eksistensi Indocina yang pernah menjadi jajahan Perancis.

PENGERTIAN INDOCINA | ok-review | 4.5