PENGERTIAN INDIKATOR EKONOMI

By On Monday, March 31st, 2014 Categories : Ekonomi

PENGERTIAN INDIKATOR EKONOMIData statistik faktor-faktor yang dianggap dapat menunjukkan kecenderungan ekonomi masyarakat. Faktor-faktor tersebut antara lain hasil kegiatan masyarakat, tingkat inflasi, ting­kat kesempatan kerja, dan keuangan masyarakat.
Hasil Kegiatan Masyarakat. Produk Nasional Bruto (PNB) merupakan ukuran tingkat kegiatan masya­rakat yang paling luas cakupannya. Angka ini di­susun dari dua sisi, yaitu sisi permintaan dan sisi pe­nawaran. Dari sisi permintaan angka ini menunjuk­kan besarnya pasar, dan terdiri atas pengeluaran kon­sumsi, investasi swasta, pengeluaran pemerintah, dan ekspor neto. Dari sisi penawaran, angka ini menunjuk­kan besarnya sumber yang digunakan dalam produksi, dan terdiri atas upah karyawan, sewa, laba perusaha­an, dan bunga pinjaman.
PNB dihitung menurut harga yang berlaku pada saat PNB dihitung maupun menurut harga konstan, yaitu berdasar indeks dasar. Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan PNB menurut harga konstan dari ta­hun ke tahun, karena PNB ini menunjukkan hasil ke­giatan atau pendapatan nyata masyarakat. Pertum­buhan merupakan salah satu indikator ekonomi yang paling penting.
Tingkat Inflasi. Indikator tingkat inflasi yang pa­ling banyak digunakan ialah indeks harga konsumen. Di samping digunakan dalam menetapkan kebijakan ekonomi, angka ini juga digunakan untuk menyesuai­kan besarnya gaji, pensiun serta tunjangan-tunjangan lainnya bagi karyawan, dan perkiraan biaya serta har­ga jual. Indeks harga konsumen dihitung tiap bulan berdasarkan suatu pola konsumsi yang tetap, yaitu harga beberapa jenis barang kebutuhan pokok masya­rakat. Indeks harga produsen menunjukkan perubah­an dari bulan ke bulan atas harga yang harus dibayar olei. produsen.
Tingkat Kesempatan Kerja. Data tentang kesem­patan kerja dan jumlah penganggur merupakan ukur­an kemampuan masyarakat menyerap penduduk men­jadi tenaga kerja yang efektif. Data ini disajikan me­nurut umur, jenis kelamin, dengan tambahan infor­masi tentang pekerja purna dan paro waktu, jenis industri dan jabatan, alasan menganggur dan untuk berapa lama.
Keuangan Masyarakat. Jumlah uang yang beredar dapat dipengaruhi melalui kebijakan keuangan peme­rintah, yaitu pengetatan atau pelonggaran kredit, da­lam rangka mengatur kegiatan ekonomi. Untuk para penanam modal, perkiraan tentang pengetatan dan pe­longgaran kredit ini sangat penting artinya, karena mempengaruhi tingkat bunga.

PENGERTIAN INDIKATOR EKONOMI | ok-review | 4.5